10 Tahun Berlalu, Dalang Teror Mumbai 2008 Tertangkap

Baca Juga

MINEWS, INTERNASIONAL – Otoritas Pakistan menangkap Hafiz Saeed yang selama ini dikenal sebagai seorang ulama. Saeed disebut merupakan dalang di balik tragedi bom dan teror Mumbai tahun 2008 lalu di India.

Pasukan anti terorisme bergerak cepat ke kota Gujranwala ketika mengetahui Saeed berada di sana. Ia lalu diamankan ketika sedang mengurus berkas jaminannya dalam kasus lain.

Mengutip AFP, Kamis 18 Juli 2019, Saeed diduga telah memfasilitas pendanaan dalam bom tersebut, melalui kelompoknya, yakni Jamaat-ud-Dawa (JuD), salah satu sayap penting organisasi teroris Lashkar-e-Taiba (LeT).

Secara personal, Hafiz Saeed sudah lama diburu oleh Amerika Serikat. Bahkan ia ditetapkan sebagai teroris global dengan harga burona 10 juta dolar AS.

Namun, dalam sebuah pernyataan, Saeed membantah dirinya terlibat dalam teror empat hari di Mumbai. Meskipun, organisasi dalang teror tersebut sudah diketaui, yakni LeT, tempat Saeed berafiliasi.

Dalam aksi teror di Mumbai, pelaku menargetkan sebuah hotel mewah di Mumbai, India pada November 2008. Pelaku merupakan teroris asal Pakistan yang menewaskan lebih dari 160 orang.

Berita Terbaru

Resmi Jadi Kader NasDem, Sutrisna Wibawa bakal Bersaing Ketat dengan Bupati Gunungkidul

Mata Indonesia, Yogyakarta - Mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa, telah resmi bergabung sebagai kader Partai Nasional Demokrat (NasDem). Hal ini jelas memperkuat dinamika politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini