Mengintip UMKM Handycraft, Jadi Usaha Maju di Tengah Pandemi

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Di masa pandemi, banyak orang memutuskan membuka usaha sendiri untuk menambah pundi-pundi penghasilan mereka. Pasalnya, banyak perusahaan yang terpaksa harus memangkas beberapa karyawan karena mengalami kerugian akibat terhentinya aktivitas.

Hal tersebut turut dilakukan Soleh Usman, seorang pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang memutuskan membuat usaha kerajinan tangan (handycraft). Ia sukses membangun usaha tersebut dan diberi nama Danau Tonjong Handycraft, yang terletak di Desan Tonjong Kecamatan Tajurhalang, Bogor.

Usaha tersebut menghasilkan berbagai karya mulai dari vas bunga, celengan hingga sepeda khusus anak kecil.

Tak hanya untuk menambah penghasilan, pengusaha asal Bogor ini pun terinspirasi membuat usaha tersebut berdasarkan hobi. Ia juga berniat membantu para anak muda dan korban PHK.

“Saya lihat anak muda putus kerja nongkrong-nongkrong, saya juga kebetulan hobi membuat barang dari kayu, jadi saya ajak untuk membuat kegiatan ini,” ucap Soleh kepada Mata Indonesia News.id, Jumat, 8 Januari 2020.

Meski dimulai di tengah pandemi, Soleh mengaku usahanya tetap maju dan tak sepi peminat. Bahkan, salah satu kerajinan tangan yang selalu jadi favorit ialah celengan buncit.

Contoh produk hasil Danau Tonjong Handycraft (minews.id)

 

Soleh mengatakan celengan yang berbentuk beragam macam karakter dan hewan itu memiliki kepanjangan dari ‘menabung cita-cita’ (buncit). Celengan tersebut ramai diserbu masyarakat khususnya di masa pandemi ini.

“Kenapa celengan? Karena di masa pandemi ini semua orang ingin saving money,” ucapnya.

Kegighan Soleh dan niat baiknya menekuni usaha ini pun mulai membuahkan hasil. Soleh mengaku sudah mulai kebanjiran pembeli. Omzetnya pun bisa mencapai 2,5 juta Rupiah per hari.

Namun, karena masih terbatas oleh pengrajin, Soleh bisa memproduksi hingga 60 pcs kerajinan, setelah sebelumnya hanya bisa membuat 20-30 pcs saja.

“Sementara ini kita pre order dulu, kalau untuk celengan prosesnya tiga hari,” katanya.

Untuk mendapatkan hasil karya dari Danau Tonjong Handycraft, kamu bisa memesan secara online melalui e-commarce, seperti Shopee, Tokopedia dan Lazada. Namun, kamu juga bisa mendapatkannya di toko offline mereka dengan mengunjungi Danau Tonjong Handycraft, di Desa Tonjong, Bogor.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Antonius Fokki Ardiyanto Anggota DPRD Kota Yogya Tertarik Posisi Calon Wakil Wali Kota Yogyakarta

Mata Indonesia, Yogyakarta - Antonius Fokki Ardiyanto atau sapaan akrabnya Fokki yang saat ini masih aktif sebagai Anggota DPRD Kota Yogyakarta telah melakukan pendaftaran diri Bakal Calon Wakil Wali Kota Yogya, melalui PDI Perjuangan Jumat (3/5/2024).
- Advertisement -

Baca berita yang ini