Kisah P&G, Perusahaan yang Produknya Dipakai di Seluruh Dunia

Baca Juga

MATA INDONESIA, NEW YORK –  Pasti sudah tak asing lagi dengan merek P&G. Hampir seluruh masyarakat di dunia termasuk Indonesia menggunakan produk sampo, perawatan tubuh, serta produk rumah tangga dari merek ini.

Procter and Gamble Company atau populer sebagai P&G adalah korporasi barang konsumen multinasional Amerika Serikat (AS). Perusahaan yang mengkhususkan diri dalam berbagai macam produk rumahan, kesehatan pribadi, kebersihan.  Kini P&G sudah beroperasi di 70 negara dan berkantor pusat di Cincinnati, Ohio.

Dua Pendiri P&G
Dua Pendiri P&G

P&G didirikan oleh William Procter, seorang pembuat lilin dan James Gamble pembuat sabun. Keduanya menjadi ipar ketika menikah dengan kakak beradik Olivia dan Elizabeth Norris. Ide pendirian usaha bersama ini adalah Alexander Norris, mertua mereka. Ia membujuk Procter dan Gamble untuk menjadi partner bisnis. Pada 24 Agustus 1837, sebagai hasil dari pertemuan tersebut, Procter & Gamble berdiri. Tanggal inilah yang kemudian menjadi hari jadi P&G pada tiap tahunnya.

P&G pertama kali beroperasi dari gudang di jalan utama dan keenam di Ohio. Setiap pagi, Gamble mengunjungi rumah, hotel, dan kapal uap mengumpulkan abu dan sisa daging. Ia kemudian menukar sabun untuk bahan baku Lilin yang menjadi produk terpenting P&G pada saat itu.

Perusahaan ini kemudian memilih pindah ke Cincinnati. Keduanya tahu bahwa bahan utama untuk kedua produk tersebut adalah lemak hewani. Di Cincinnati tersedia pusat pemotongan babi.

Selanjutnya di tahun 1858 dan 1859, penjualan perusahaan tersebut mencapai 1 juta dolar. Perusahaan ini memperkerjakan 80 karyawan.

Perang Saudara AS

Selama Perang Saudara Amerika, perusahaan memenangkan kontrak memasok Sabun dan lilin kepada Union Army. Gara-gara kontrak militer ini, para tentara memperkenalkan produk P&G ke keluarganya dan kemudian menyebar ke seluruh Amerika.

Pada tahun 1880-an, P&G mulai memasarkan produk baru. Sabun murah yang mengapung di air. Perusahaan itu menyebut sabun itu Ivory.  William Arnett Procter, cucu William Procter, memulai program bagi hasil untuk tenaga kerja perusahaan pada tahun 1887. Dengan memberi para pekerja saham di perusahaan, para pegawainya cenderung tidak akan mogok bekerja.

Perusahaan mulai membangun pabrik di lokasi lain di AS karena permintaan produk melebihi kapasitas fasilitas Cincinnati. Para pemimpin perusahaan juga mulai mendiversifikasi produknya.

Sebagai respons di tahun 1911, P&G mulai memproduksi Crisco. Ini adalah shortening yang terbuat dari minyak nabati dan bukan lemak hewani. Ketika radio menjadi lebih populer pada tahun 1920-an dan 1930-an, perusahaan mensponsori sejumlah program radio terutama sandiwara. Hal inilah yang membuat acara sandiwara di radio sering dikenal sebagai “opera sabun”.

P&G memproduksi dan mensponsori drama serial radio pertama di tahun 1930-an. Dengan kebangkitan televisi pada 1950-an dan 1960-an, P&G tak segan-segan memsponsori dan memproduksi sebagian besar serial baru.

Akuisisi Internasional

Bisnis semakin besar, perusahaan ini kemudian memutuskan untuk ekspansi ke negara lain, baik dalam hal produksi dan penjualan produk. P&G menjadi perusahaan internasional dengan akuisisi tahun 1930 atas Thomas Hedley Company, yang berpusat di Newcastle, Inggris.

Setelah akuisisi ini, P&G memiliki Kantor Pusat Inggris di Hedley House di Newcastle.

Perusahaan kemudian memperkenalkan deterjen laundry Tide pada tahun 1946 dan sampo Prell pada tahun 1947. Pada tahun 1955, P&G mulai menjual pasta gigi pertama yang mengandung fluoride, yang dikenal sebagai Crest.

Perusahaan membeli Charmin Paper Mills pada 1957. Ia lantas mulai memproduksi kertas toilet dan produk kertas lainnya.

Fokus pada binatu, P&G membuat pelembut kain Downy pada tahun 1960 dan lembaran pelembut kain Bounce pada tahun 1972. Salah satu produk paling revolusioner yang muncul di pasaran adalah perusahaan Pampers.

Popok saat itu tidak populer, meskipun Johnson & Johnson telah mengembangkan produk yang disebut Chux. Bayi selalu memakai popok kain, yang bocor dan membutuhkan banyak tenaga untuk mencucinya. Pampers memberikan alternatif yang nyaman, meskipun dengan biaya lingkungan lebih banyak limbah yang membutuhkan penimbunan.

Diversifikasi Produk

P&G mengakuisisi sejumlah perusahaan lain yang mendiversifikasi lini produknya dan meningkatkan keuntungan. Akuisisi ini termasuk Folgers Coffee, Norwich Eaton Pharmaceuticals (pembuat Pepto-Bismol), Richardson-Vicks, Noxell (Noxzema), Shulton’s Old Spice, Max Factor, dan Iams Company, antara lain.

Sementara itu, pada 1994, perusahaan ini menjadi berita utama karena rugi besar akibat  posisi leverage dalam derivatif suku bunga. P&G kemudian menggugat Bankers Trust karena penipuan. Hal ini menempatkan manajemen mereka pada posisi yang tidak biasa untuk bersaksi di pengadilan bahwa mereka telah melakukan transaksi yang tidak dapat mereka pahami.
Tahun 1996, P&G kembali menjadi berita utama ketika Food and Drug Administration menyetujui produk baru yang dikembangkan oleh perusahaan, Olestra. Olestra adalah pengganti lemak dengan kalori lebih rendah dalam memasak keripik kentang dan makanan ringan lainnya.
Memasuki dekade baru, P&G sekali lagi mengambil gebrakan. Bulan Januari 2005 P&G mengumumkan akuisisi Gillette, membentuk perusahaan barang konsumen terbesar dan menempatkan Unilever di posisi kedua. Ini menambahkan merek seperti pisau cukur Gillette, Duracell, Braun, dan Oral-B ke kandangnya.
P&G setuju untuk menjual bisnis sikat gigi elektrik yang dioperasikan dengan baterai dari SpinBrush ke Church & Dwight. Itu juga melepaskan lini pasta gigi perawatan mulut Gillette, pasta gigi Rembrandt.

Konglomerasi

Perusahaan secara resmi bergabung pada tanggal 1 Oktober 2005. Newell Rubbermaid membeli beberapa perusahaan seperti Liquid Paper, dan divisi alat tulis Gillette, Pada tahun 2008, P&G bercabang ke dalam bisnis rekaman dengan mensponsori Tag Records, sebagai pengesahan untuk TAG Body Spray.

P&G kemudian keluar dari bisnis makanan pada tahun 2012 ketika menjual bisnis makanan ringan Pringles ke Kellogg’s seharga 2,75 miliar dolar setelah kesepakatan senilai 2,35 miliar dolar dengan mantan pelamar Diamond Foods gagal. Perusahaan sebelumnya telah menjual selai kacang Jif dan kopi Folgers dalam transaksi terpisah dengan Smucker’s.

Dalam olahraga, P&G adalah sponsor tingkat satu Olimpiade London 2012 dan mensponsori 150 Atlet. P&G adalah sponsor tingkat satu di Olimpiade Musim Dingin 2014 Sochi. Ini akan kembali sebagai sponsor Olimpiade Musim Panas 2016 di Rio.

Penjualannya di tahun 2014 mencapai angka 83,1 miliar. Pada tanggal 1 Agustus 2014, P&G mengumumkan sedang merampingkan perusahaan, melepas dan menjual sekitar 100 merek dari portofolio produknya untuk fokus pada 65 merek yang tersisa, yang menghasilkan 95 persen dari keuntungan perusahaan AG Lafley

 

Produk-produk P&G di Indonesia

  • Bayi: Pampers
  • Kain: Downy
  • Wanita: Whisper
  • Tubuh: Gillette, Venus
  • Rambut: Head & Shoulders, Pantene Pro-v, Rejoices, Herbal Essences, Vidal Sassoon
  • Rumah: Ambi Pur
  • Mulut: Oral-B
  • Kesehatan Pribadi: Vicks, Sangobion, Neurobion, Sevenseas, Dolo Neurobion, Iliadin, Hemobion, Cavit D3
  • Kulit dan pribadi: Gillette, Olay, SK-II

Reporter: Annisaa Rahmah

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Perjuangkan Kesejahteraan Buruh dan Petani, Dani Eko Wiyono Siap Maju Calon Bupati Sleman Melalui Jalur Independen

Mata Indonesia, Sleman - Alumni aktivis 98 sekaligus aktivis yang selalu menyuarakan aspirasi buruh/pekerja Daerah Istimewa Yogyakarta, Dani Eko Wiyono ST. MT ini bertekad maju bakal calon bupati Sleman dalam Pilkada Sleman nanti. Dani menilai, hingga saat ini, mayoritas kehidupan buruh masih sangat jauh dari kata sejahtera. Buruh masih dianggap hanya sebagai tulang punggung ekonomi bangsa tanpa diperjuangkan nasib hidupnya.
- Advertisement -

Baca berita yang ini