Ini 10 Hukum Paling ‘Gak Masuk Akal’ yang Pernah Ada di Muka Bumi

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA – Hukum diciptakan tentu saja untuk mengatur kehidupan manusia dalam bernegara atau bermasyarakat menjadi lebih teratur. Idealnya, hukum pastilah berisi aturan yang logis, mulai dari unsur di dalamnya, pelaksanaan hingga konsekuensinya. Tapi, apa jadinya jika ada hukum yang tercipta namun berisi aturan-aturan yang aneh dan agak tidak masuk akal?

Di beberapa negara tertentu, pernah terdapat beberapa aturan negara yang aneh namun patut ditaati oleh warganya. Dianggap aneh karena banyak yang berpendapat bahwa hukum itu tidak perlu, lucu atau di luar nalar sehat manusia. Bahkan, sebagian produk-produk hukum itu masih eksis hingga kini, di antaranya seperti berikut ini:

1. Larangan Nge-sex dengan Landak

Di negara bagian Florida, AS, pernah ada aturan yang melarang semua warganya bersetubuh dengan landak. Aneh, tapi aturan ini benar-benar pernah ada.

2. Memukul Istri Sebulan Sekali

Satu lagi hukum aneh yang berlaku di AS, tepatnya di negara bagian Arkansas. Ada hukum tua yang berlaku sejak tahun 1800-an yang melegalkan suami memukul istrinya tanpa dipidana. Tapi, batas memukul istri itu hanya boleh sebulan sekali.

3. Hewan Berdarah Biru

Terdapat satu aturan aneh di Inggris yang masih berlaku hingga kini. Hewan peliharaan masyarakat biasa dilarang berdekatan atau dipasangkan dengan hewan peliharaan milik rumah kerajaan atau milik anggota keluarga kerajaan.

4. Siram Tanaman saat Hujan

Jika Anda sedang berada di Nova Scotia, Kanada, jangan pernah coba-coba menyiram tanaman atau rumput saat sedang hujan. Hal itu dilarang dalam sebuah aturan khusus yang bila Anda lakukan, bisa dijebloskan ke penjara atau membayar denda.

5. Wanita Hamil Bebas Pipis Sembarangan

Di Inggris, wanita hamil punya hak istimewa yang diatur dalam sebuah produk hukum kerajaan. Hak istimewa itu adalah wanita hamil boleh pipis atau buang air kecil dimanapun ia mau, bahkan di mobil polisi sekalipun.

6. Dilarang Nikahi Orang yang Sama

Lagi-lagi produk hukum aneh muncul dari AS, yaitu di negara bagian Kentucky. Ada aturan aneh yang bahkan dianggap tidak perlu, tapi wajib ditaati. Hukum itu adalah seorang wanita tidak boleh menikah lagi dengan pria yang sama sampai lebih tiga kali.

7. Publikasi Pernikahan di Koran

Tidak semua orang suka urusan privasinya dipublikasi di media massa. Tapi, di Yunani, pernah ada aturan yang jika Anda menikah, maka harus diumumkan di surat kabar atau koran, bahkan termasuk di balai kota.

8. Memanjakan Anjing

Aturan aneh ini masih berlaku hingga kini, yaitu di Turin, Italia, seseorang yang memelihara anjing wajib membawa jalan-jalan peliharaannya setidaknya tiga kali sehari.

9. Dilarang Baca Puisi

Aneh-aneh saja aturan yang satu ini. Di Swiss, seseorang dilarang keras membaca puisi ketika sedang menuruni gunung menggunakan ski.

10. Wajib Merampok dan Memperkosa

Di Norwegia, pernah ada aturan yang mewajibkan seseorang ketika melakukan ekspedisi jauh dari daerahnya, maka harus merampok dan memperkosa setidaknya satu kali dalam lima tahun.

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini