Hakim bin Hizam, Sahabat Nabi yang Masuk Islam Setelah 20 Tahun Dakwah

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Dari sekian banyak sahabat Nabi Muhammad SAW, terdapat nama Hakim Al Hizam.

Dari kecil, Hakim cukup dekat dengan Nabi SAW. Namun ia baru mendapat hidayah masuk Islam setelah 20 tahun Nabi Muhammad SAW menyiarkan agama ini di jazirah Arab.

Sebagai sahabat, Hakim cukup unik. Ia lahir di dalam Kabah. Kelahiran Hakim bermula dari perjalanan sang ibu yang pergi bersama kelompoknya ke Kabah yang kala itu masih penuh dengan berhala. Mereka datang untuk melakukan pemujaan.

Ketika menjalankan ritual jahiliyah tersebut, sang ibu yang sedang hamil tua tiba-tiba mengalami kontraksi. Dia kemudian masuk ke dalam Ka’bah beralaskan tikar. Di sanalah proses persalinan berlangsung.

Hakim merupakan keponakan Khadijah binti Khuwailid istri Rasulullah. Ia  tumbuh di sebuah keluarga kaya dan terhormat. Keluarganya menyandang status terhormat. Meskipun kaya raya, ia tidak angkuh. Ia menjadi orang kaya yang sangat dermawan.

Hakim bersahabat dengan Rasulullah sejak kecil. Meski usianya lima tahun lebih tua, dia selalu meluangkan waktu untuk bermain bersama Nabi. Yang mengejutkan adalah meski bersahabat dari kecil, Hakim tak serta merta masuk ke Islam ketika Rasulullah mulai berdakwah. Hakim tetap memilih keyakinannya untuk menyembah berhala. Rasulullah SAW sangat menyayangi Hakim. Karena keakraban yang mereka jalin sejak lama. Hubungan keduanya semakin erat setelah Nabi SAW menikah dengan Khadijah. Kisah mengejutkan adalah meski persahabatan keduanya terjalin sejak lama, Hakim tidak serta-merta meyakini ajaran yang dibawa Rasulullah SAW. Sikap masyarakat Mekah yang ketika itu lebih banyak menolak dakwah Rasulullah SAW memengaruhi pendirian Hakim. Sehingga, dia lebih memilih suara mayoritas yang mempertahankan keyakinan lama menyembah berhala.

Ia baru mendapatkan hidayah untuk masuk islam setelah akhir-akhir hidup Rasulullah, tepatnya ketika Kota Mekah berhasil dibebaskan dari kaum kafir. Rentang waktu tersebut terhitung lebih dari 20 tahun Rasulullah SAW menjadi nabi.

Namun, meski ia agak lama masuk Islam, pada akhirnya dia tetap mendapat hidayah tersebut. Baginya waktu 20 tahun terlalu lama untuk mendapatkan hidayah tersebut. Padahal, menurut Hakim, menerima Islam berarti akan memberinya banyak kesempatan untuk berbuat kebaikan.

Bahkan sepanjang hidupnya, dia selalu menangis karena menurutnya ia terlalu lama sampai akhirnya berhasil mengimani Islam. Hakim memeluk Islam sepenuh hati. Ia bersumpah pada dirinya akan menebus apa pun yang telah dia lakukan selama masa jahiliahnya.

Putranya pernah bertanya kepada Hakim mengapa menangis setelah menerima Islam. Baginya waktu 20 tahun terlalu lama untuk mendapatkan hidayah tersebut. Padahal, menurut Hakim, menerima Islam berarti akan memberinya banyak kesempatan untuk berbuat kebaikan.

Dalam peperangan Badar, Hakim bin Hizam juga terpaksa ikut di barisan kaum kafir Quraisy. Hanya saja, Allah berkehendak lain. Ketika Umayyah bin Khalaf, Utbah bin Rabi’ah dan Abu Jahal tewas, Hakim bin Hizam tetap hidup. Hingga berlalu pula perang Uhud, Khandaq, dan penaklukan Khaibar, namun Hakim bin Hizam belum juga mau beriman. Sedangkan Rasulullah masih senantiasa mendoakan dirinya agar segera mendapatkan hidayah.

Doa Rasulullah SAW terjawab ketika kaum muslimin berhasil dengan izin Allah menaklukkan kota Makkah pada bulan Ramadan tahun 8 H.

Reporter: Dinda Nurshinta

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini