Bioskop Pertama di Dunia, Cikal Bakal Berkembangnya Industri Perfilman

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Pada 28 Desember 1895, sebuah film pertama kali diproduksi. Sudah bertahu-tahun lamanya film itu dibuat oleh Lumiere Brothers. Saat itu, film tersebut menjadi pelopor perfilman di dunia. Maka dari sanalah, bioskop-bioskop mulai berkembang juga.

Bioskop pertama dibuat oleh dua orang bersaudara dari Prancis itu, mereka pula yang pertama kali menemukan alat yang bisa memproyeksikan gambar bergerak. Alat tersebut terinspirasi dari teknologi kinestoskop yang dibuat Edison.

Saat pertama kali menayangkan filmnya, para penontonnya juga sudah dipungut biaya, sama halnya seperti saat ini. Bioskop tersebut tidak hanya menampilkan film-film buatan Lumiere saja, tapi juga memutar film tentang sejarah beragam peristiwa abad ke-19.

Pada 1896, Lumiere bersaudara membuka bioskop pertamanya dan menunjuk karyawan serta juru kamera untuk memutar film-film dengan materi yang baru. Mereka juga membuka layanan di London, Milan, dan Amsterdam pada Maret 1896. Lalu, Berlin dan Dublin pada bulan berikutnya.

Mereka juga telah merekam lebih dari 1.400 film antara tahun 1895 dan 1905. Selain sinematograf.

Selain itu, Lumiere besaudara juga mengembangkan proses fotografi pertama, pelat autochrome pada 1907. Pada 1896, setelah industri perfilman di Amerika berkembang pesat, di sana dibangun gedung bioskop pertama di AS, Vitascope Hall di New Orleans.

Reporter : Afif Ardiansyah

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Semua Pihak Perlu Bersinergi Wujudkan Pilkada Damai

Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) merupakan momen penting dalam kehidupan demokrasi di Indonesia. Pilkada tidak hanya sekadar agenda politik,...
- Advertisement -

Baca berita yang ini