Begini Perjuangan Muhammad Idris, Anak Petani Peraih Adhi Makayasa Akpol

Baca Juga

MINEWS.ID, SEMARANG – Seorang ustaz kampung yang anak petani berhak mendapat penghargaan Adhi Makayasa dari Akademi Kepolisian sebagai lulusan terbaik angkatan ke-50.

Lelaki kelahiran Solok Selatan 8 Juli 1996 itu bernama Muhammad Idris. Dia sebenarnya modal nekat mengikuti seleksi taruna Akademi Kepolisian karena sang ayah Dasrial sudah angkat tangan atas keinginan anaknya menjadi polisi.

“Ayah hanya seorang petani, nak. Ayah tidak punya uang, sama apa ayah mengakalinya. Coba dulu yah kata Idris. Yaudah cobalah nak, saat itu juga saya menangis dengan kegigihan dan keinginan Idris ini,” kata Dasrial mengenang percakapannya dengan Idris ketika hendak mendaftar Akpol seperti dilansir langgam.id.

Menurut Dasrial, sejak mengikuti proses seleksi di Sumatera Barat hingga ke Akpol di Semarang, Idris melakukannya sendiri.

Sejak sekolah menengah Idris sudah dikenal cerdas dan gemar membaca Al Quran. Di kampungnya, Idris dikenal sebagai seorang ustaz yang sering berceramah dari masjid ke masjid.

Kecerdasannya terbukti dari beasiswa yang selalu dia terima sejak sekolah dasar hingga Sekolah Madrasah Aliyah Negeri (MAN). Dia memang selalu menjadi juara umum di sekolah.

Idris juga menggunakan beasiswanya dengan cermat sehingga dia bisa menabung untuk biaya sekolahnya.

Saat prosesi Penutupan Pendidikan (Tupdik) Taruna Akademi Kepolisian (Akpol) angkatan ke-50 di Auditorium Cenderawasih Akpol, Semarang, Jawa Tengah, Jumat 5 Juli 2019, tampak Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen Pol. Mohammad Iqbal melakukan salam komando dengan Muhammad Idris.

Salah satu mantan taruna penerima Adhi Makayasa adalah Jenderal Polisi Tito Karnavian yang menjabat Kapolri.

Berita Terbaru

Kendaraan Dinas dan Non Dinas Kodim 0732/ Sleman, di Razia Denpom IV/ Yogyakarta.

Mata Indonesia, Sleman - Ratusan kendaraan dinas non dinas, baik itu roda dua maupun roda empat yang dipakai oleh anggota Kodim 0732/ Kabupaten Sleman dicek kondisi fisik serta kelengkapan surat - suratnya oleh Denpom IV/2 Yogyakarta pada hari Senin." Operasi ini di lakukan di halaman Makodim 0732/ Sleman pada tanggal (1/5/2024).
- Advertisement -

Baca berita yang ini