Tekan Inflasi Disperindag DIY Salurkan Bahan Pokok Jelang Idul Fitri

Baca Juga

Mata Indonesia, Yogyakarta – Dalam rangka upaya menyalurkan kebutuhan bahan pokok pangan di bulan Ramadhan dan menjelang Idul Fitri 2023. Dinas Pedangangan dan Perindustrian DIY bekerjasama dengan KADIN DIY mengadakan Bazar Ramadhan dan distribusi sembako murah untuk pekerja Industri, bertempat dihalaman Kantor Dinas Perindustrian dan Perdangangan DIY, jalan kusumanegara yogyakarta, Rabu (12/4/2023).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdangangan DIY, Ir. Syam Arjayanti,M.Pd., Wakil Ketua Umum KADIN DIY ,Robby Kusumaharta., Perwakilan Bank Indonesia Yogyakarta., Perwakilan Bank BPD DIY., CEO dan Co-Founder Dagangan Ryan Manafe., Staf Ahli Bupati Sleman ,Herru Saptono dan tamu Undangan lainnya.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdangagan DIY, kepada wartawan mengatakan, dalam kegiatan Bazar Ramadhan dan sembako murah ini kita menyediakan berbagai kebutuhan pokok dan aneka bahan pangan pokok yaitu beras, gula pasir, minyak, telur, terigu dan daging, dengan subsidi Rp.2000/kg.sehingga masyarakat dapat membeli kebutuhan bahan pokok pangan dengan harga yang murah.

Terdapat 8 distributor yang mengambil bagian dalam mendukung kegiatan pasar murah Ramadhan ini, yang dilaksanakan selama dua hari (selasa- rabu/11-12 april 2023). Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan operasi pasar murah yang sudah kami laksanakan di Kabupaten dan Kota se Daerah Istimewa Yogyakarta dan juga di seluruh Kapanewon.

Kita harapkan melalui kegiatan Bazar Ramadhan dan sembako murah ini , dapat menekan inflasi di DIY yang memang cukup tinggi, hal ini bukan hanya menjadi tugas Pemerintah tapi menjadi tanggung jawab dan kolaborasi semua pihak yaitu Pemerintah, Pengusaha dan pedangan selain itu , disisi konsumen perlu belanja secara cerdas, ( belanja bukan berdasarkan keinginan tapi sesuai kebutuhan) tutur Syam Arjayanti.

Sementara itu,CEO dan Co-Founder Dagangan, Ryan Manafe, menerangkan bahwa konsep yang kami terapkan adalah efesiensi rantai pasok bahan pokok pangan, spesifiknya adalah kami membuat jaringan gudang mikro sebanyak 50 gudang di pulau Jawa dan di DIY kami ada 5 gudang, fungsi gudang mikro ini akan mengantarkan sembako langsung kepada para konsumen (pembeli) yang kebanyakan adalah pedagang dengan free ongkos kirim.

Selain itu, kami bekerjasama dengan Dinas Perindustrian dan Perdangagan sekaligus mensupport Disperindag dengan barang-barang yang akan di jual dan disistribusikan melalui pasar murah.

Bulan ini dimulai dari tanggal 3-6 april 2023, kami mensupport Disperindag untuk operasi pasar murah di wilayah Kulonprogo dan Bantul.

Kedepan kita akan terus mensupport Disperindag dan mendukung Bulog untuk membantu mendistribusikan beras, gula pasir dan kita sediakan supplay bahan pokok pangan sesuai harga eceran tertinggi (HET) yang ditentukan Pemerintah, “ujarnya.

Robby Kusumaharta, Wakil Ketua KADIN DIY dalam sambutannya mengatakan, Kami mengapresiasi dan memberikan penghargaan yang tinggi atas kegiatan ini, kami mensuport kegiatan semacam ini karena merupakan komitmen KADIN untuk jemput bola, tidak bisa lagi KADIN hanya mendengar laporan saja dari anggota.

Kedepan kami minta untuk selalu koordinasi dengan KADIN dan semua pihak , dan juga kami minta untuk para pelaku ekonomi untuk dapat menahan diri dalam situasi yang terjadi di masing-masing daerah, “pungkasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

KPU Pastikan Seluruh PPS Pilkada Jaga Integritas, Profesional dan Netralitas

Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) memerintahkan kepada seluruh Panitia Pemungutan Suara (PPS) dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini