Mengenal Islam Aboge yang Salat Idul Fitri 1442 Hijriah Jumat Ini

Baca Juga

MATA INDONESIA, BANYUMAS – Tidak seperti Tarekat Naqsabandiyah yang melaksanakan Salat Idul Fitri 1442 Hijriah satu hari lebih cepat dari penetapan pemerintah, di Banyumas ada Muslim yang melaksanakannya hari Jumat 14 Mei 2021 ini. Mereka sering disebut Penganut Islam Aboge.

Seperti dilansir Antaranews, hal itu terjadi di Desa Cikakak, Kecamatan Wangon, Banyumas. Sejak pagi warganya mendatangi Masjid Jami Baitussalam untuk melaksanakan Salat Iduf Fitri.

Dari namanya kita mungkin akan mengira paham yang dianut warga Banyumas tersebut dari negara lain, padahal itu paham asli Jawa, Indonesia.

Para penganut Islam Aboge menggunakan kalender Alif Rebo Wage yang kemudian dibuat akronimnya menjadi Aboge.

Salah satu yang membedakannya dari penganut Islam lainnya adalah kuatnya unsur budaya Jawa yang disatukan dengan ajaran Islam.

Dalam sebuah penelitian terungkap bahwa Islam Aboge tidak bisa disebut sebagai sebuah aliran.

Sebab, seperti halnya penganut Islam umumnya, masyarakat pemeluk Islam Aboge juga menjalankan syariat Islam seperti salat lima waktu dan puasa pada Ramadan. Hal yang membedakan adalah ritual Islam-nya seringkali disertai pelbagai praktik ritus yang bersumber dari tradisi lokal.

Sementara Alif Rebo Wage bisa disebut sebagai perhitungan kalender Jawa menggunakan sistem satu windu (delapan tahun) untuk menyelesaikan satu periode waktu. Menurut Aboge, satu windu terdiri dari tahun Alip, He, Jim Awal, Je, Dal, Be, Wawu, dan Jim Akhir.

Meski begitu periode satu tahun yang dianut Islam Aboge tetap terdiri dari 12 bulan dan satu bulan terdiri atas 29-30 hari.

Sebagaimana dikenal masyarakat Jawa kuno, hari-hari itu dikenal dengan hari pasaran yang terdiri dari Pon, Wage, Kliwon, Manis (Legi), dan Pahing. Pada perhitungan hari pasaraqn itu, hari pertama pada tahun Alip jatuh pada hari Rebo Wage.

Wilayah yang masyarakat yang masih menganut Islam Aboge itu tercatat di Desa Lamuk Legok, Jatilawang, Ajibarang, Rawalo, Pekuncen, Karanglewes, dan Wangon.

Penganut Islam Aboge meyakini sistem perhitungan kalender itu telah dipergunakan para wali sejak abad ke-14.

Bukan hanya sistem penanggalan, cara berdoa penganut Islam Aboge juga banyak yang menggunakan Bahasa Jawa, namun ritual salat tetap menggunakan Bahasa Arab. (Dari berbagai sumber)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Survei Warga Jogja Hadapi Pilkada 2024: Politik Uang Banyak Ditolak Lebih Pilih Calon Bermisi Visi Jelas

Mata Indonesia, Yogyakarta - Muda Bicara ID kembali menyelenggarakan survei terkait Pilkada Kota Jogja 2024, kali ini dengan fokus pada politik uang dan faktor-faktor yang memengaruhi pilihan warga dalam memilih wali kota dan wakil wali kota.
- Advertisement -

Baca berita yang ini