Yuk, Kenali Gejala Depresi pada Anak Sejak Dini

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Depresi pada umumnya bisa menyerang siapa saja baik usia dewasa maupun anak-anak. Khusus anak-anak, gejala diperlihatkan berbeda-beda. Maka, bila anak mengalami gejala ini sudah sepatutnya mendapatkan pertolongan supaya mereka bisa bertumbuh dengan baik.

Mengutip dari WebMD, terdapat beberapa gejala yang menunjukkan bahwa anak sedang terjebak di dalam depresi. Mulai dari anak yang mudah tersinggung, lalu sering menarik diri dari lingkungan sosial dan keluarga, anak juga cenderung sensitif dengan penolakan hingga kesulitan dalam berkonsentrasi.

Hal ini memperlihatkan bahwa gejala yang timbul berbeda-beda. Maka, untuk mengantisipasinya sejak dini, wajib untuk mengetahui penyebab anak terjebak dalam depresi.

Secara umum, depresi pada anak dikaitkan dengan kondisi kesehatan fisik anak, kejadian besar dalam lingkup keluarga sehingga menyebabkan trauma, riwayat keluarga hingga kerapihan genetic.

Bahkan menurut penelitian, faktor riwayat kesehatan mental keluarga berpengaruh besar terhadap kondisi mental anak. Jika orang tuanya pernah mengalami depresi maka anaknya pun akan mengalami fase depresi yang lebih dini dibandingakan anak lainnya yang notabene orang tuanya dalam kondisi sehat fisik dan jiwa.

Maka, untuk mengantisipasi gejala ini penanganan yang tepat adalah dengan membawanya ke dokter spesialis anak. Tujuannya, agar mendapatkan pemeriksaan fisik secara menyeluruh. Selain itu, konsultasi dengan psikolog bisa dilakukan untuk memperoleh terapi yang dibutuhkan.

 

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Survei Elektabilitas Bakal Calon Walkot Jogja yang Bertarung di Pilkada 2024, Sosok Ini Mendominasi

Mata Indonesia, Yogyakarta - Menjelang Pilkada 2024 di DIY, sejumlah lembaga survei sudah bergeliat menunjukkan elektabilitas para bakal calon Wali Kota dan juga Bupati. Termasuk lembaga riset Muda Bicara ID yang ikut menunjukkan hasil surveinya. Lembaga yang diinisiasi oleh kelompok muda ini mengungkap preferensi masyarakat Kota Jogja dalam pemilihan Wali Kota Jogja 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini