2 Jenis Vaksin Ini Efektif Lawan Varian Covid-19 India B.1.617

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Dua dosis vaksin Covid-19 memiliki keefektifan dalam melawan varian virus corona B.1.617, jenis yang menyebar cepat dan diidentifikasi pertama kali di India.

Menurut pejabat kesehatan Inggris, kedua vaksin itu adalah vaksin buatan Pfizer dan AstraZeneca. Keefektifannya hampir mirip dengan varian B.1.1.7 atau yang sering dijuluki varian Kent.

Kedua vaksin tersebut sangat efektif melawan varian B.1.617 setelah diberikan dua dosis suntikan. Dilansir dari Reuters, Minggu 23 Mei 2021, kedua vaksin hanya efektif 33 persen terhadap varian India, tiga minggu setelah dosis pertama.

Efektivitasnya lebih rendah dibanding efek untuk melawan varian Kent – varian B.1.1.7 yang pertama kali terdeteksi di Inggris -, yang efektivitasnya mencapai 50 persen.

Ini artinya, mendapatkan dua dosis vaksin Covid-19 sangat penting.

Dalam laporan riset yang terbit di jurnal Public Health England, kedua vaksin tersebut kemungkinan lebih efektif dalam mencegah pasien Covid-19 masuk rumah sakit dan kematian.

“Saya semakin yakin bahwa Inggris berada di jalur yang tepat karena data ini menunjukkan bahwa vaksin dua dosis juga efektif melawan varian India. Dan kita semua tahu bahwa vaksin adalah jalan keluar dari ini,” kata Menteri Kesehatan Matt Hancock.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Semua Pihak Perlu Bersinergi Wujudkan Pilkada Damai

Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) merupakan momen penting dalam kehidupan demokrasi di Indonesia. Pilkada tidak hanya sekadar agenda politik,...
- Advertisement -

Baca berita yang ini