Yuk Intip 5 Ide Menu Makanan Sehat dan Enak untuk Tanggal Tua

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Walaupun kondisi keuangan mulai menipis mendekati akhir bulan atau tanggal tua, namun bukan berarti tidak bisa makan sehat dan enak di rumah.

Terkadang saat tanggal tua membuat kamu harus berhemat dan mengatur strategi agar tetap bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari. Untuk itu, kamu harus menemukan menu makanan sederhana yang sesuai dengan bujet kantong di akhir bulan.

Namun nggak perlu khawatir, berikut 5 ide menu makanan yang sehat dan enak untuk dicoba saat tanggal tua.

  1. Sayur Asem

Menu makanan yang sehat dan sederhana ini bisa lho buat keluarga di rumah jadi kenyang. Agar hemat, kamu bisa membeli satu paket sayur asem yang dibungkus plastik oleh pedagang sayur.

Jangan lupa, jika ingin sayur asem makin lahap dan nikmat, tambahkan dengan ikan asin atau gorengan sebagai menu pendamping.

  1. Tumis Kangkung

Tumis kangkung atau cah kangkung merupakan menu makanan yang gurih dan nikmat. Bumbu untuk memasaknya pun sangat mudah didapat, yaitu saus tiram, terasi, bawang merah, bawang putih, cabai, garam, dan sedikit gula.

  1. Sarden

Ikan sarden menjadi pilihan menu makanan saat tanggal tua. Ikan dalam kemasan kaleng ini memang tidak sesegar seperti yang dijual di pasar. Namun, kandungan nutrisi dalam sarden tetap memiliki sumber asam lemak omega-3, vitamin B12 dan tinggi kalsium yang bagus untuk kesehatan tulang.

Tapi perlu diperhatikan dalam memilih ikan kemasan kaleng ini, pilihlah ikan sarden yang kemasannya tidak penyok, tidak berkarat, dan tanggal kedaluwarsanya masih lama. Lalu simpan kaleng sarden di kulkas ataupun di suhu ruangan.

  1. Perkedel Tempe

Umumnya, perkedel dibuat dengan bahan utama kentang. Tapi, dengan keuangan yang semakin menipis, kamu bisa buat perkedel dengan bahan dasar tempe, lho. Meski bentuk perkedel kentang dan perkedel tempe cukup berbeda.

Perkedel kentang biasanya berbentuk bulat, sedangkan perkedel tempe dibuat lonjong. Perkedel tempe ini sangat cocok disantap untuk menu lauk sehari-hari.

  1. Telur Rebus atau Dadar

Selain mengandung protein, telur juga kerap kali dijadikan lauk lezat saat tanggal tua. Kamu bisa memasak berbagai olahan telur yang mudah, seperti telur rebus, dadar dan telur balado. Biar asupan seimbang, jangan lupa tambahkan potongan sayuran seperti bayam, wortel dan brokoli.

Itulah 5 ide menu makanan sehat dan enak tentunya bisa berhemat di tanggal tua. Semoga membantu!

Reporter: Dhea Salsabila

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Tindakan OPM Semakin Keji, Negara Tegaskan Tidak Akan Kalah Lawan Pemberontak

Organisasi Papua Merdeka (OPM) banyak melancarkan aksi kekejaman yang semakin keji. Maka dari itu, negara harus tegas untuk tidak...
- Advertisement -

Baca berita yang ini