Bunda Wajib Tahu! Ini Lho yang Harus Dilakukan saat Tanggal Tua

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Pengelolaan keuangan sangat penting dilakukan oleh para bunda agar kondisi keuangan tidak menguap begitu saja. Apalagi saat tanggal tua tiba, jangan sampai dompet sudah kritis, tapi tidak tahu bagaimana cara berhemat yang tepat.

Setelah mendapat penghasilan, umumnya setiap orang akan berbelanja aneka macam barang tanpa memikirkan apakah barang tersebut sedang dibutuhkan atau tidak. Hal itu perlu dikendalikan, agar keuangan mencukupi kebutuhan dan mengisi tabungan apabila ada keperluan mendesak.

Lantas, bagaimana cara berhemat saat tanggal tua? Yuk, ikuti beberapa tips berikut ini agar mampu mengendalikan pengeluaran keluarga di tanggal tua.

  1. Atur Sisa Keuangan Sebaik Mungkin

Mulailah membuat daftar kebutuhan seperti biaya masak, pulsa, internet, transportasi, dan sebagainya. Sesuaikan pengeluaran dengan sisa keuangan yang dimiliki. Jangan lupa untuk masukan list dana cadangan, sebagai keperluan yang tidak terduga.

  1. Masak Menu Makanan Sederhana dan Sehat

Memasak untuk makanan sehari-hari apalagi saat tanggal tua, memang jauh lebih hemat dari pada membeli makanan di warung. Buatlah rencana menu dan list harga bahan makanan untuk berbelanja, agar bisa memperkirakan pengeluaran yang dibutuhkan.

Adapun bahan masakan seperti sayur sop, sayur asem yang sudah dibungkus plastik, bisa dibeli seharga hanya Rp10 ribu di pasar. Ini sudah cukup untuk makan tiga kali dalam sehari, lho.

  1. Bekal Praktis untuk Si Kecil Sekolah

Siapkan makanan yang dimasak untuk bekal makan siang anak di sekolah. Supaya tidak bosan, buatkan bekal makan siang yang bervariasi setiap harinya. Jangan lupa membawa minuman juga sebagai pelengkap, seperti air putih, jus atau susu.

Hal ini dilakukan agar anak tidak jajan di luar, pengeluaran pun akan berkurang. Sehingga keuangan yang dimiliki bisa menghidupi sampai tanggal gajian tiba.

  1. Kurangi Pengeluaran

Kurangi pengeluaran yang tidak penting saat tanggal tua. Prioritaskan kebutuhan pokok seperti makanan sehari-hari dan kebutuhan lainnya. Jika si kecil ingin jajan, cobalah buat camilan yang sederhana di rumah. Selain dapat berhemat, buat camilan di rumah tentu terjamin kebersihan dan kesehatannya.

Semoga tips di atas bermanfaat dalam berhemat di tanggal tua, ya.

Reporter: Dhea Salsabila

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Tindakan OPM Semakin Keji, Negara Tegaskan Tidak Akan Kalah Lawan Pemberontak

Organisasi Papua Merdeka (OPM) banyak melancarkan aksi kekejaman yang semakin keji. Maka dari itu, negara harus tegas untuk tidak...
- Advertisement -

Baca berita yang ini