Waspada, Kenali 5 Faktor Penyebab Demensia

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTADemensia merupakan penyakit penurunan daya ingat ataupun cara berpikir yang akan berdampak pada gaya hidup.

Perlu diketahui penyakit demensia tidak sama dengan pikun. Pikun biasanya dialamai oleh lansia dalam kemampuan berpikir yang berubah seiring dengan pertambahan usia sehingga akan memengaruhi daya ingat.

Demensia umumnya terjadi pada orang lanjut usia di atas 65 tahun. Demensia terjadi karena kerusakan bagian-bagian otak yang berhubungan dengan fungsi mengingat. Namun demensia juga bisa terjadi lebih dini karena faktor-faktor tertentu.

Adapun beberapa penyebab demensia sebagai berikut:

1. Faktor genetik

Faktor genetik menjadi salah satu penyebab penyakit ini namun selain itu gangguan struktur otak, gangguang sistem metabolisme, paparan zat kimia, anoxia dan kurang gizi juga menjadi faktor penyebab demensia.

2. Depresi

Depresi merupakan perubahan suasana hati yang tidak dapat dikelola dengan baik sehingga kerap membuat penderitanya murung, menarik diri dari pergaulan, dan sedih berkepanjangan.

Jika depresi tidak segera diatasi maka dapat memengaruhi produktivitas sosial dan kebahagiaan. Tidak hanya itu saja, dalam sebuah studi memaparkan, depresi dapat meningkatkan risiko demensia hingga dua kali lipat.

3. Usia

Lansia merupakan golongan usia yang kerap menderita berbagai jenis penyakit, termasuk penyakit yang dapat memicu risiko demensia.

Meski sampai saat ini belum diketahui secara pasti apa yang menyebabkan demensia, namun fakta menyebutkan, faktor usia pada seseorang meningkatkan risiko lebih tinggi mengalami demensia.

4. Jarang Olahraga
Jarang olahraga juga dapat meningkatkan berbagai jenis penyakit berbahaya seperti obesitas, serangan jantung, hingga demensia.

Khusus untuk penyakit demensia pada orang yang jarang olahraga dapat berisiko hingga berkali-kali lipat daripada pada orang yang rutin olahraga.

5. Merokok
kebiasaan merokok dapat menyebabkan segala penyakit di antaranya serangan jantung, stroke, impotensi, hingga kanker kandungan beracun bahaya untuk otak.

Jika tidak mendapatkan suplai darah yang cukup maka sel-sel di otak akan mengalami kematian. Inilah awal mula dari munculnya penyakit demensia.

Reporter: Purwati Soleha

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Perjuangkan Kesejahteraan Buruh dan Petani, Dani Eko Wiyono Siap Maju Calon Bupati Sleman Melalui Jalur Independen

Mata Indonesia, Sleman - Alumni aktivis 98 sekaligus aktivis yang selalu menyuarakan aspirasi buruh/pekerja Daerah Istimewa Yogyakarta, Dani Eko Wiyono ST. MT ini bertekad maju bakal calon bupati Sleman dalam Pilkada Sleman nanti. Dani menilai, hingga saat ini, mayoritas kehidupan buruh masih sangat jauh dari kata sejahtera. Buruh masih dianggap hanya sebagai tulang punggung ekonomi bangsa tanpa diperjuangkan nasib hidupnya.
- Advertisement -

Baca berita yang ini