Waspada! Dehidrasi Kronis Bisa Sebabkan Gagal Ginjal

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Dehidrasi pada dasarnya dapat memengaruhi ginjal. Apalagi jika dehidrasinya kronis, bukan tidak mungkin bisa sebabkan gagal ginjal.

Dehidrasi terjadi ketika tubuh kehilangan lebih banyak cairan daripada yang didapatkan. Kekurangan cairan dalam tubuh bisa terjadi karena diare, muntah, berkeringat, atau terlalu banyak mengeluarkan urine, seperti saat diabetes yang tidak terkontrol.

Pada saat itulah peluang gagal ginjal bisa terjadi. Gagal ginjal adalah kondisi dimana salah satu atau kedua ginjal tidak bisa berfungsi dengan baik dengan sendirinya. Sekitar 60-70 persen dari berat badan manusia terdiri dari air, dan setiap bagian tubuh membutuhkan air untuk berfungsi dengan baik.

Penyebab paling umum dari gagal ginjal adalah diabetes dan tekanan darah tinggi. Namun, terkadang gagal ginjal bisa terjadi karena penyebab yang tidak terduga. Ketika ginjal kehilangan fungsi secara tiba-tiba (dalam hitungan jam atau hari), kondisi tersebut disebut gagal ginjal akut.

Beberapa penyebab umum gagal ginjal adalah sebagai berikut:

  1. Penyakit ginjal autoimun.
  2. Konsumsi obat-obatan tertentu.
  3. Dehidrasi kronis.
  4. Obstruksi saluran kemih.
  5. Penyakit sistemik yang tidak terkontrol, seperti penyakit jantung atau hati

Gagal ginjal tidak hanya terjadi dalam semalam. Penyakit ginjal kronis merupakan kondisi kesehatan yang mempengaruhi seberapa baik fungsi ginjal seseorang dari waktu ke waktu. Jika penyakit ini tidak diobati, bisa menyebabkan gagal ginjal.

Kamu bisa mengetahui seberapa baik ginjal dan seberapa baik tubuh terhidrasi dengan melihat kondisi urine. Jika urine berwarna kuning sangat gelap, maka artinya tubuh membutuhkan lebih banyak air. Namun, jika urine selalu sangat gelap, kondisi ini bisa menandakan dehidrasi berat atau kondisi serius lainnya.

Tidak ada aturan baku tentang jumlah air yang harus diminum setiap orang. Setiap orang memiliki kebutuhan air yang berbeda, tergantung pada perbedaan usia, iklim, intensitas olahraga, serta kondisi kehamilan, menyusui, dan penyakit. Namun, umumnya seseorang membutuhkan sekitar 1,5 – 2 liter air setiap harinya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Indonesia Tawarkan Upaya Konkret Penanganan Air Dalam WWF ke -10

Rangkaian pertemuan World Water Forum (WWF) ke-10 tahun 2024 di Nusa Dua, Bali menghasilkan diskusi yang konstruktif dalam rangka...
- Advertisement -

Baca berita yang ini