Waspada, Cemburu Buta Bisa Merusak Jiwa!

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Cemburu adalah perasaan natural yang pasti muncul dalam setiap diri manusia. Cemburu adalah perasaan yang kompleks, sehingga mereka yang merasakannya terkadang bingung terhadap emosi yang memenuhi hati dan pikirannya.

Ketika Anda membiarkan perasaan cemburu mengambil alih dan mulai meragukan pasangan Anda, maka ini dapat merusak kepercayaan dan rasa hormat. Yang perlu Anda ingat bahwa kecemburuan bukanlah tentang cinta dan kepedulian terhadap seseorang.

Sebaliknya, kecemburuan adalah tentang perasaan tidak aman dan takut. Meskipun kebanyakan dari kita paham apa makna cemburu, sangat sedikit yang menyadari kecemburuan seksual, seperti dilansir Times of India.

Apa itu kecemburuan seksual?

Kecemburuan seksual adalah bentuk kecemburuan khusus dalam hubungan seksual, berdasarkan perselingkuhan seksual yang dicurigai atau akan segera terjadi. Jika Anda menjalin hubungan, Anda tentu harus waspada karena takut pasangan Anda akan melakukan perselingkuhan.

Kecemburuan seksual untuk pria dan perempuan juga memiliki makna yang berbeda. Seorang pria merasakan ancaman terhadap masa depan hubungannya karena dia bisa ditipu untuk membesarkan anak-anak yang bukan miliknya.

Di sisi lain, seorang perempuan berisiko kehilangan hubungan dan sosok yang ia cintai. Selanjutnya, sesuai penelitian, pria lebih dipengaruhi oleh perselingkuhan seksual, sementara perempuan lebih dipengaruhi oleh perselingkuhan emosional.

Apa efek dari kecemburuan seksual yang ekstrem?

  1. Tidak peduli seberapa besar Anda berdua saling mencintai, terlalu banyak kecemburuan seksual akan membunuh kepercayaan, cinta, dan rasa hormat yang Anda miliki satu sama lain.
  2. Terlalu banyak kecemburuan seksual juga dapat membuat hubungan menjadi beracun. Dalam waktu singkat, energi Anda akan mulai terserap, selanjutnya Anda akan terjebak pada tuduhan-tuduhan tak berdasar. Hal ini dapat menyebabkan hubungan asmara Anda menjadi berantakan.
  3. Karena selalu takut akan terjadi pertengkaran antara Anda dan pasangan, Anda terpaksa berbohong. Ya, Anda perlahan mulai berbohong demi menghindari konflik yang tidak perlu.
  4. Bisa juga menimbulkan paranoia, kecemasan, dan kebencian terhadap pasangan Anda.

Bagaimana cara mengatasi kecemburuan seksual?

1. Biarkan pasangan Anda tahu bahwa Anda mencintainya. Jika perlu, beri mereka jaminan apa pun yang mereka inginkan. Ini akan membantu menenangkan kecemburuan seksual mereka.

2. Cobalah untuk menghindari situasi di mana Anda berpikir bahwa pasangan Anda akan cemburu. Ketahui bagaimana reaksi mereka terhadap teman lawan jenis yang memeluk Anda atau menelepon Anda pada jam-jam yang tidak biasa.

3. Jika kecemburuan seksual mereka menjadi terlalu berlebihan, carilah bantuan profesional. Ini adalah cara yang bagus untuk mengatasi masalah sebelum menjadi tidak terkendali.

4. Jika kecemburuan seksual mereka adalah karena pengkhianatan yang mereka hadapi dalam hubungan masa lalu, perpanjang sedikit kesabaran Anda sampai mereka belajar menghadapinya.

5. Evaluasi kembali kepercayaan dan cinta Anda satu sama lain. Komunikasi dapat sangat membantu pasangan dalam menyelesaikan masalah ini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Semua Pihak Perlu Bersinergi Wujudkan Pilkada Damai

Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) merupakan momen penting dalam kehidupan demokrasi di Indonesia. Pilkada tidak hanya sekadar agenda politik,...
- Advertisement -

Baca berita yang ini