Waspada! 5 Penyakit Berbahaya Ini Mengancam Penderita Obesitas

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Belajar dari beberapakejadian obesitas di Indonesia akhir-akhir ini, penting bagi masyarakat untuk mengetahui berbagai penyakit yang mengintaiakibat kelebihan berat badan.

1. Kanker


Sejumlah
pakar kesehatan menyebutkan obesitas memicu kanker. Jumlah lemak yang berlebih di dalam tubuh sangat erat kaitannya dengan pertumbuhan sel kankerobesitas pada pria memicu kanker prostat. Sementara pada wanita menyebabkan kanker rahim.

2. Batu empedu


Batu
empedu terbentuk dari hasil pengendapan lemak dan kolesterol di dalam empedu. Kadar lemak yang berlebihan jika tidak bisa diurai akan berbahaya bagi kesehatan empedu.

3. Diabetes
Risiko terkena salah satu penyakit mematikan ini meningkat duahingga tiga kali lipat pada orang yang kegemukan.
4. Asma

Obesitas memang menyebabkan asma. Profesor dari Universitiof Kentucky College of Medicine, Amerika Serikat, Beth A Miller, mengatakan, kelebihan berat badan memperberat kerjaparu-paru. Saluran napas akan tersumbat, sehingga rentan iritasidan peradangan akibat banyaknya lemak dalam tubuh.

5. Migrain

Migrain merupakan penyakit umum yang biasa dialami penderita obesitas. Kelebihan lemak di tubuh menyumbat pembuluh darah. Hal itu mengakibatkan aliran oksigen ke otak tidak lancar.

Reporter : Nabila Kuntum Khaira Umma

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Jelang Hari Buruh Sedunia, Polda DIY Serahkan Bantuan Sembako

Mata Indonesia, Yogyakarta – Memperingati Hari Buruh Sedunia, Kapolda DIY Irjen Pol Suwondo Nainggolan, S.I.K., M.H., menyerahkan bantuan sembako kepada Koperasi Konsumen Persatuan Buruh DIY di Gedung Pertemuan Bumi Putera Yogyakarta, Pakualaman, Kota Yogyakarta, Selasa (30/4/2024).
- Advertisement -

Baca berita yang ini