Warna Natal Identik dengan Hijau, Merah dan Emas, Apa Sih Artinya?

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Umat Kristiani di seluruh dunia hari ini tepat 25 Desember 2019 merayakan hari Raya Natal yang merupakan kelahiran Yesus Kristus.

Nah, banyak cara yang dilakukan untuk memperingatinya salah satunya menghias rumah dengan pohon natal dan hiasan dinding yang identik dengan warna merah, hijau dan emas.

Sebenarnya apa sih makna warna-warna tersebut? Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

  1. Makna Warna Hijau

Di luar negeri, umumnya waktu perayaan Natal datang di tengah-tengah musim dingin. Meskipun Natal terjadi di tengah musim dingin, warna hijau terlihat paling menonjol dan ada di mana-mana.

Dari pohon Natal yang hijau, hingga karangan bunga yang tergantung di depan pintu. Di akhir musim dingin, orang-orang Romawi akan saling memberi tanaman atau cabang yang hijau sebagai tanda keberuntungan lho.

Orang Romawi biasanya akan memilih tanaman evergreen karena tanaman tersebut enggak pernah kehilangan warna. Warna hijau sendiri dianggap sebagai janji hidup dan musim semi. Biasanya pada perayaan Natal, pohon yang hijau dihias dengan hiasan atau buah-buahan berwarna merah seperti apel dan holly berry.

  1. Makna Warna Merah

Penggunaan warna merah saat Natal melambangkan buah apel di pohon surga. Apel yang berwarna merah tersebut mewakili kejatuhan Adam ke dunia. Merah juga merupakan warna buah holly berry, buah ini dikatakan sebagai representasi darah darah Yesus ketika mati di kayu salib.

Kemudian, salah satu alasan terbesar mengapa warna merah menjadi warna dominan karena merah merupakan warna pakaian Santa. Legenda Santa Claus sendiri berasal dari St. Nicholas dari Smyrna.

St Nick adalah seorang uskup di Turki yang dikenal murah hati kepada anak-anak dan orang yang kurang mampu. Nah, pakaian uskup tersebut berwarna merah. Sampai saat ini, warna merah menjadi warna yang akan memberikan kesan yang lebih hidup di setiap perayaan Natal.

  1. Makna Warna Emas

Warna emas jelas merupakan representasi dari logam mulia. Namun pada perayaan Natal, emas memiliki beberapa arti lain. Di luar negeri, sinar matahari tentunya menjadi suatu hal yang langka di musim dingin.

Nah, memiliki hiasan emas di rumah dianggap membawa kehangatan. Warna emas dianggap mewakili kemakmuran dan kekayaan. Emas juga merupakan bagian penting dari kisah Natal karena emas adalah salah satu hadiah yang diberikan orang-orang bijak kepada Yesus.

  1. Makna Warna Putih

Warna putih sering dikaitkan dengan lambang kemurnian dan kedamaian. Selama festival musim dingin, para pendeta akan mengenakan pakaian serba putih dari ujung kepala hingga ujung kaki untuk menyambut musim semi mendatang.

Wafer putih digunakan untuk menghias pohon di abad ke-18. Wafer putih dan apel merah adalah simbol Katolik dari tubuh dan darah Kristus. Putih juga secara tradisional dianggap sebagai kesan ramah dan damai. Menjelang perayaan Natal, biasanya banyak yang menutupi rumah dengan warna putih untuk melambangkan penyambutan kelahiran Yesus.

 

Berita Terbaru

Jelang Hari Buruh Sedunia, Polda DIY Serahkan Bantuan Sembako

Mata Indonesia, Yogyakarta – Memperingati Hari Buruh Sedunia, Kapolda DIY Irjen Pol Suwondo Nainggolan, S.I.K., M.H., menyerahkan bantuan sembako kepada Koperasi Konsumen Persatuan Buruh DIY di Gedung Pertemuan Bumi Putera Yogyakarta, Pakualaman, Kota Yogyakarta, Selasa (30/4/2024).
- Advertisement -

Baca berita yang ini