Wajib Tahu, Ternyata Ikan Kembung Lebih Kaya Gizi Ketimbang Salmon

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA-Ikan Kembung merupakan ikan lokal Indonesia yang nutrisinya digadang-gadang tidak kalah dari ikan salmon yang banyak ditemukan di perairan Eropa dan Amerika.

Ternyata, itu bukan bualan belaka, di dalam ikan kembung terkandung protein, omega-3, vitamin B12, vitamin D, fosfor, vitamin B2, vitamin B6, iodine, dan selenium yang lebih tinggi.

Setaranya nilai gizi ikan kembung dan ikan salmon ini juga telah diungkapkan oleh Kementerian Kelautan dan Perikan (KKP) RI, Machmud.

Dari sekian banyak jenis ikan yang ada di Indonesia, ikan kembung diketahui mempunyai kandungan omega-3 tinggi. Omega-3 merupakan asam lemak baik dan punya banyak manfaat bagi kesehatan. Selain itu, masih banyak nutrisi penting lainnya yang dimiliki salmon yang juga ada di ikan kembung.

Berikut manfaat ikan kembung bagi kesehatan:

  1. Mencegah Penyakit Jantung

Adanya kandungan omega-3 yang merupakan asam lemak baik di dalam ikan kembung, mampu mencegah penyakit jantung koroner atau serangan jantung. Hal ini dikarenakan zat ini bersifat antiradang dan mengurangi risiko pembentukan plak di pembuluh darah akibat kolesterol jahat.

  1. Menjaga Kesehatan Otak

Ada jenis asam lemak lainnya yang bernama EPA dan DHA. Asam lemak ini bermanfaat untuk sistem saraf, termasuk otak. Kedua jenis omega-3 ini dapat membantu mencegah penyakit yang berhubungan dengan kemampuan otak, yaitu demensia dan Alzheimer.

  1. Mengendalikan Kadar Gula Darah

Selain asam lemak omega-3, ikan kembung juga mengandung aneka asam lemak tak jenuh lainnya, yaitu asam lemak omega-6. Zat ini mampu mengendalikan kadar gula darah di dalam tubuh.

  1. Mengatasi Peradangan

Terjadinya peradangan pada tubuh juga bisa diatasi dengan cara mengonsumsi ikan kembung. Hal ini dikarenakan ikan kembung memiliki senyawa aktif di dalamnya, yang dimana senyawa-senyawa tersebut memiliki sifat anti-inflamasi.

  1. Menjaga Kesehatan Tulang

Ikan kembung sebagai sumber protein yang ekonomis dan kaya vitamin D bisa dijadikan pilihan untuk mencukupi kebutuhan vitamin D dalam tubuh. Vitamin D merupakan salah satu zat penting bagi tubuh guna membantu penyerapan kalsium, menjaga kesehatan tulang, gigi, sistem imun, dan sistem saraf.

Berita Terbaru

Antonius Fokki Ardiyanto Anggota DPRD Kota Yogya Tertarik Posisi Calon Wakil Wali Kota Yogyakarta

Mata Indonesia, Yogyakarta - Antonius Fokki Ardiyanto atau sapaan akrabnya Fokki yang saat ini masih aktif sebagai Anggota DPRD Kota Yogyakarta telah melakukan pendaftaran diri Bakal Calon Wakil Wali Kota Yogya, melalui PDI Perjuangan Jumat (3/5/2024).
- Advertisement -

Baca berita yang ini