Wajib Tahu, Ini 4 Jenis Madu yang Baik untuk Masker Wajah

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Masker madu sebenarnya sudah lama dikenal dan digunakan untuk mengatasi beragam permasalahan kulit. Teksturnya yang kental dan memiliki sifat antiseptik dan antibakteri bisa membantu melawan bakteri penyebab jerawat. Maka, tidak heran jika banyak jenis madu yang dimanfaatkan untuk keperluan kecantikan dan perawatan. Hal ini tentunya sudah diperkuat dengan bukti ilmiah.

Secara garis besar, jenis madu yang cocok untuk perawatan tentu masih murni dan belum diberikan campuran gula atau bahan lainnya. Terdapat empat jenis madu yang dinilai cocok untuk perawatan.

Pertama, yaitu madu mentah atau raw honey yang bermanfaat untuk perawatan kulit terutama bagi seseorang yang memiliki masalah jerawat, eksim, atau psoriasis. Selain itu mengutip dari Healthline, jika madu dioleskan ke kulit bisa menekan pertumbuhan berlebih jamur Candida.

Manfaat dari madu ini bisa membantu menyeimbangkan bakteri pada kulit serta mengurangi peradagangan sehingga bagus untuk mengatasi masalah jerawat.

Kedua adalah madu manuka atau manuka honey. Menurut penelitian madu ini mampu  membunuh bakteri berbahaya. Kondisi ini tidak lepas dari kandungan hidrogen peroksida serta senyawa methylglyoyax dalam madu manuka. Kulit yang menjadi bebas bakteri sekaligus mempercepat proses penyembuhan.

Ketiga, madu makasia yang dinilai memiliki manfaat khususnya untuk kecantikan. Kandungan antioksidan yang tinggi dapat melindungi sel Anda dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Keempat yaitu madu kanuka. Adapun madu ini memiliki sifat antimikroba dan anti-inflamasi. Maka tidak heran jika madu ini memiliki potensi yang efektif. Mengacu pada jurnal penelitian berjudul Honey: A Therapeutic Agent for Disorders of the Skin pada tahun 2016, dijelaskan bahwa mandu kanuka merupakan pengobatan topical yang efektif untuk mengatasi masalah kulit seperti eksim, rosacea, dan jerawat.

Meski beberapa jenis maju bermanfaat sebagai masker wajah namun ada kemungkinan madu bisa memicu alergi bagi sebagian orang. Maka, sebaiknya melakukan tes terlebih dahulu sebelum mengaplikasinnya sebagai masker wajah.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Wabup Sleman : Ini Komitmen Kita Untuk Membersamai Seluruh Umat Beragama

Mata Indonesia, Sleman - Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa menghadiri kegiatan Doa Syukur Umat Hindu dalam rangka menyambut Hari Jadi ke-108 Kabupaten Sleman yang bertempat di Pura Widya Dharma, Dero, Wedomartani, Ngemplak pada Minggu (12/5).
- Advertisement -

Baca berita yang ini