Wajib Tahu, 7 Tingkat Keintiman yang Harus Dipelajari

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Kamus Bahasa Inggris Oxford mendefinisikan kata ‘keintiman’ sebagai ‘keadaan yang memiliki hubungan pribadi yang dekat dengan seseorang’.

Dengan kata lain, kedekatan antar manusia dalam hubungan personal inilah yang bisa disebut sebagai ‘keintiman’. Dan keintiman adalah sesuatu yang terbangun seiring waktu saat Anda terhubung dengan seseorang, tumbuh untuk peduli satu sama lain, dan merasa semakin nyaman selama waktu Anda bersamanya.

Selain itu, keintiman dapat mencakup kedekatan fisik atau emosional atau perpaduan keduanya. Namun, pernahkah Anda mendengar bahwa ada tingkat keintiman?

Dalam bukunya, pembicara motivasi sekaligus konsultan bisnis Australia, Matthew Kelly, menulis tentang tujuh tingkat keintiman yang harus diketahui semua orang. Melansir Times of India, berikut penjelasannya:

Komunikasi klise

Di bagian hubungan ini, topik percakapan melekat pada tingkat permukaan. Ini mencakup pertanyaan seperti, “apa kabar” atau “apa yang telah Anda lakukan hari ini”. Pada level ini, komunikasi tidak melampaui parameter ini.

Komunikasi fakta

Tingkat ini mencakup komunikasi tentang fakta termasuk topik seperti pasar saham, cuaca, dll. Menurut Kelly, sebagian besar hubungan bergilir di antara dua tingkat awal ini karena ketakutan akan tingkat keintiman yang ketiga.

Opini

Ini adalah saat hal-hal mulai menjadi nyata dalam hubungan. Di sini orang-orang saling berbagi pendapat jujur ​​tentang berbagai hal satu sama lain. Melakukan ini membutuhkan kepercayaan dan kerentanan dan kita perlu memahami dan menerima perbedaan.

Harapan dan mimpi

Tingkat ini melibatkan perasaan nyaman tentang berbagi harapan dan impian kita satu sama lain. Juga, pada level inilah kita mulai berbagi impian kita dan membangunnya bersama.

Perasaan

Ini adalah saat kita berbagi perasaan satu sama lain. Mampu mengidentifikasi perasaan Anda sendiri sambil memberi ruang kepada orang lain untuk berbagi perasaannya penting di sini.

Pikiran, ketakutan, dan kegagalan

Pada tingkat ini, kita merasa nyaman berbagi beberapa bagian paling gelap dari kepribadian bahkan kehidupan kita. Karena banyak dari kita memiliki beberapa pemikiran yang tidak ingin kita bagikan dengan siapa pun, level ini membutuhkan kepercayaan yang dalam.

Kebutuhan

Tingkat keintiman, kebutuhan fisik, mental, dan emosional tertinggi dikomunikasikan pada tingkat ini. Di sini dua orang dapat duduk dan berbagi kebutuhan mereka satu sama lain.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Resmi Jadi Kader NasDem, Sutrisna Wibawa bakal Bersaing Ketat dengan Bupati Gunungkidul

Mata Indonesia, Yogyakarta - Mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa, telah resmi bergabung sebagai kader Partai Nasional Demokrat (NasDem). Hal ini jelas memperkuat dinamika politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini