Virus Corona Berpotensi Serang Otak? Ini Penjelasannya

Baca Juga

Virus corona berpotensi menyerang otak jika mengacu pada sebuah video berdurasi 23 detik yang diunggah di akun YouYube resmi milik Nikon Instrumen Inc. Dalam keterangan dalam video tersebut dijelaskan infeksi SARS CoV 2 atau Covid-19 bisa membuat fusi sel yang berujung pada kematian pada sel otak kelelawar.

Selain itu, titik-titik merah atau virus Covid-19 yang ada di dalam video tersebut perlahan memakan sel otak. Lantas apakah benar jika pandemi bisa menyerang otak manusia?

Bila mengutip dari The New York Times, sebagian besar pasien yang terdampak pada Covid-19 melaporkan gejala neurologis termasuk sakit kepala, kebingungan hingga delirium. Gejala seperti ini bisa menjadi bukti bahwa virus corona menyerang otak dan tidak hanya menyerang paru-paru.

Ahli Imunologi di Universitas Yale, Akiko Iwasaki menegaska bahwa jika virus ini menginfeksi otak bisa berakibat fatal bagi penderitanya. Iwasaki dan rekannya juga sudah melakukan dokumentasi yang hasilnya menunjukkan bahwa terjadi kerusakan sel otak sehingga bisa menyebabkan kematian pada tikus yang dijadikan objek uji coba.

Selain itu, penelitian tersebut juga menunjukkan bahwa Covid-19 bisa menginfeksi secara diam-diam serta bisa mengeksploitasi mesin pada sel otak dan berkembang biak. Oksigen yang seharusnya menuju ke sel-sel yang berada di dekatnya juga tercekik sehingga menjadi layu dan mati.

“Ini semacam infeksi diam-diam. Virus ini punya semacam mekanisme penghindaraan,” kata Iwasaki.

Meski demikian, Konsultan Ahli Saraf di National Hospital for Neurology and Neurosurgency di Inggris menegaskan bahwa belum banyak bukti yang memperlihatkan virus corona menyerang otak manusia.

“Kami belum benar-benar menemukan bukti bahwa virus itu bisa menginfeksi otak. Meski begitu kami tahu bahwa kemungkinan itu benar-benar potensial,” katanya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Jadi Duta Komunikasi WWF, Cinta Laura Ajak Generasi Muda Peduli Krisis Air

Bali – Duta Komunikasi World Water Forum (WWF) ke-10 Cinta Laura mengajak generasi muda untuk lebih peduli pada persoalan...
- Advertisement -

Baca berita yang ini