Vegan Merapat, Ini Pengganti Telur dalam Membuat Kue

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Para vegan atau para alergi terhadap telur nampaknya harus mencari pengganti bahan baku tersebut untuk membuat kue. Hal ini cukup sulit karena salah satu bahan utama untuk membuat kue adalah telur ayam.

Meski demikian, mereka tetap bisa menikmati kudapan kue dan roti karena ada beberapa bahan pengganti telur yang dinilai memiliki manfaat dan khasiat mirip dengan butiran-butiran telur ayam. Terdapat 5 bahan pengganti telur yang bisa dipilih untuk membuat kue.

Pertama yaitu tahu sutra. Mengutip dari The Kitchn, tahu sutra bisa digunakan untuk menggantikan telur. Rasanya memang tidak segurih telur namun tahu yang dihaluskan bisa mengikat adonan bahan kue. Tidak hanya itu, tahu basah juga cocok digunakan untuk membuat brownies dan kue basah. Kebutuhan 1 butir telur bisa digantikan dengan 1/4 cangkir tahu sutra yang sudah dilembutkan.

Kedua yaitu baking soda. Bahan ini sangat berguna jika ingin menyajikan kudapan panggang yang mengembang. Untuk kebutuhan 1 butir telur, bisa dengan mencampurkan 1 sdt baking soda dan 1 sdm cuka.

Ketiga, yakni pisang. Buah ini bisa memberikan tekstur creamy dan menambah citra rasa legit pada kudapan muffin dan kue basah. Kebutuhan 1 butir telur bisa digantikan dengan setengah atau 1 buah pisang yang sudah matang.

Keempat adalah yoghurt. Mengutip dari Healthline, yoghurt bisa digunakan untuk menggantikan telur ketika akan memanggang kudapan. Umumnya, yoghurt tanpa rasa atau tawar bisa mengikat adonan serta memberikan tekstur creamy pada kue dan roti.

Terakhir yaitu almon butter. Aroma dan rasa yang khas membuat almond butter cocok digunakan untuk membuat pancake, brownies dan kue kering. Almond butter juga bisa memberikan tekstur yang lembut dan kaya citarasa. Satu butir telur bisa digantikan dengan menggunakan 60 gram atau 3 sendok makan almond butter.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Resmi Jadi Kader NasDem, Sutrisna Wibawa bakal Bersaing Ketat dengan Bupati Gunungkidul

Mata Indonesia, Yogyakarta - Mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa, telah resmi bergabung sebagai kader Partai Nasional Demokrat (NasDem). Hal ini jelas memperkuat dinamika politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini