Tom and Jerry Usianya 80 Tahun Lho! 5 Kartun Ini Juga Tak Kalah Tua

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Pada 10 Februari 2020 lalu, Tom and Jerry, salah satu kartun paling terkenal diciptakan merayakan ulang tahun yang ke-80. Kartun ini telah membuktikan popularitasnya di kalangan anak-anak.

Pada tahun 1958, Tom dan Jerry muncul dalam 114 film pendek yang disutradarai oleh Hannah dan Barbera. Serial animasi Amerika Serikat yang dibuat pada tahun 1940 dan diproduksi oleh Metro Goldwyn Mayer (MGM) ini menampilkan perkelahian antara kucing rumah (Tom) dan tikus (Jerry).

Kedua karakter ini memiliki kecenderungan untuk bersikap sadis, artinya mereka berdua sangat senang untuk menyiksa satu sama lain. Kartun ini paling kejam yang pernah dibuat dalam animasi teater. Tom dapat menggunakan kapak, palu, senjata api, petasan, bahan peledak, jebakan dan racun untuk membunuh Jerry.

Namun, ada saat-saat ketika mereka berdua menunjukkan ketidakegoisan dan kepedulian bersama, mengesampingkan persaingan mereka untuk tujuan bersama.

Meskipun sering tidak menggunakan dialog, film ini sangat digemari dan hingga saat ini masih dipertontonkan di televisi. Bahkan, kesuksesan animasi ini dibuktikan dengan memenangkan total tujuh Academy Awards untuk Film Pendek Animasi Terbaik.

Selain Tom and Jerry, berikut serial animasi yang juga sudah berusia puluhan tahun, dan masih ada tayang sampai sekarang:

1. Scooby Doo

Scoobert “Scooby” Doo adalah protagonis dari seri dengan nama yang sama, yang diciptakan tahun 1969 oleh William Hanna dan Joseph Barbera. Scooby Doo memiliki teman, yakni Fred, Velma, Daphne dan Shaggy.

Scooby Doo memiliki kesulitan bicara, dan sering memulai dengan ‘R’. Slogannya adalah “Scooby-Dooby-Doo!” Scooby Doo.

2. Bugs bunny

Salah satu karakter paling ikonik yang pernah dibuat, Bugs Bunny muncul untuk pertama kalinya pada tahun 1940 dalam film kartun yang disutradarai Tex Avery bernama Wild Hare. Dia diciptakan oleh Leon Schlesinger dan disuarakan oleh Mel Blanc selama Masa Keemasan Animasi Amerika.

Bugs Bunny dikenal karena hampir selalu mengunyah wortel, kepribadian nakal dan aksen Brooklyn. Bugs Bunny telah membintangi dan muncul di banyak film, serial TV, buku komik, dan wahana taman hiburan.

Ia menjadi karakter utama dalam seri Merrie Melodies dan the Looney Tunes. Bahkan, Bugs Bunny memiliki bintangnya sendiri di Hollywood Walk of Fame.

3. Donald Duck

Nama lengkap Donald Duck adalah Donald Fauntleroy Duck. Paling dikenal karena kemeja dan topi pelaut tanpa celana, punya sifat yang konyol tetapi menyenangkan.

Ulang tahun Donald Duck adalah 9 Juni 1934 dan penampilan pertamanya pada tahun 1934 dalam kartun Silly Symphony bernama “The Wise Little Hen”. Dia telah tampil di lebih dari 152 celana pendek kartun antara 1934 dan 1959. Ia juga dikenal karena cintanya kepada Daisy Duck.

4. Popeye

Popeye pertama kali diciptakan pada tahun 1929 oleh Elzie Crisler Segar untuk strip komik Thimble Theatre-nya, yang kemudian diganti namanya menjadi Popeye sendiri. Pada tahun 1933, serial kartun The Popeye dimulai oleh Max Fleischer Studios dan kemudian dilanjutkan oleh Paramount Studios.

Popeye menceritakan seorang pelaut yang paling terkenal dengan pipa, lengan berotot yang besar, memiliki dua tato jangkar, dan mata kanannya yang menyipit.

Untuk mendapatkan kekuatan super, Popeye harus makan bayam. Dengan begitu, dia mampu mengangkat benda berat dan menyelamatkan tunangannya Olive Oyl dari penjahat.

5. Mickey Mouse

Kartun ini diciptakan pada tahun 1928. Awalnya, nama mouse itu adalah Mortimer Mouse tetapi dia diberi nama Mickey Mouse oleh istri Walt Disney, Lillian Disney.

Awalnya Mickey bukanlah proyek utama karena ia diplot sebagai pengganti dari karakter sebelumnya yakni Oswald the Lucky Rabbit. Pertama kali Mickey akhirnya muncul di film Short Plane Crazy dan akhirnya ia melakukan debut pertamanya secara publik di film pendek berjudul Steamboat Willie (1928) yang merupakan kartun suara pertama.

Mickey Mouse tidak berbicara sampai 1929. Kata-kata pertamanya adalah “Hot dog!”, Disuarakan oleh Walt Disney sendiri. Seperti dilansir pada wonderslist.com

(Mila Arinda)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Survei Elektabilitas Bakal Calon Walkot Jogja yang Bertarung di Pilkada 2024, Sosok Ini Mendominasi

Mata Indonesia, Yogyakarta - Menjelang Pilkada 2024 di DIY, sejumlah lembaga survei sudah bergeliat menunjukkan elektabilitas para bakal calon Wali Kota dan juga Bupati. Termasuk lembaga riset Muda Bicara ID yang ikut menunjukkan hasil surveinya. Lembaga yang diinisiasi oleh kelompok muda ini mengungkap preferensi masyarakat Kota Jogja dalam pemilihan Wali Kota Jogja 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini