Tips Sukses Membagi Pekerjaan Rumah Tangga dengan Pasangan

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Meminta pasangan untuk mengerjakan tugas rumah tangga bukanlah hal yang mudah. Namun, bila harus mengerjakannya sendiri, tentu Anda takkan sanggup, membuat frustrasi, dan menjengkelkan.

Pernikahan adalah kerja sama tim dan mengurus tugas rumah tangga seharusnya tidak kalah pentingnya. Jika Anda tidak yakin dapat mengerjakan sendiri, berikut adalah beberapa cara untuk menegosiasikan pekerjaan rumah tangga secara adil dengan pasangan Anda, melansir Times of India.

Pekerjaan yang menarik

Apakah Anda menikmati melipat pakaian sambil mendengarkan musik? Jika ya, maka lebih baik melakukan pekerjaan rumah tangga yang sesuai dengan minat Anda. Beberapa pekerjaan rumah secara mengejutkan bisa menjadi penghilang stres dan bisa membuat Anda merasa segar kembali. Tanyakan pula kepada pasangan Anda apakah ada sesuatu yang menarik bagi mereka. Tugas akan tampak menyenangkan jika Anda suka melakukannya.

Pertimbangkan jadwal

Duduklah dengan pasangan Anda dan diskusikan jadwal masing-masing sebelum Anda mulai membagi pekerjaan. Pertimbangkan waktu perjalanan pasangan Anda, jam kerja, dll. Bila pasangan Anda memiliki jadwal yang padat, biarkan dia melakukan satu atau dua tugas lebih sedikit. Jangan terpaku pada beban kerja yang sama tetapi belajarlah untuk bersikap lunak saat beban kerja pasangan Anda lebih banyak dan sebaliknya.

Belajar menghargai

Jangan menyerang pasangan Anda karena mereka tidak menggosok meja dengan benar. Menunjukkan hal-hal negatif bisa membuat pasangan Anda frustrasi karena tidak ada orang yang ingin dimarahi sepanjang waktu. Anda harus melepaskan hal-hal tertentu karena pasangan Anda mungkin memberikan yang terbaik meskipun pekerjaannya mungkin tidak sempurna.

Dapatkan bantuan dari luar atau asisten rumah tangga

Jika pekerjaan rumah tangga menjadi terlalu berat untuk Anda dan pasangan, sebaiknya pertimbangkan untuk meminta bantuan dari luar. Asisten rumah tangga mungkin menjadi solusi tepat, namun Anda harus merogoh kocek lebih dalam.

Pekerjaan rumah tidak akan pernah merata

Tidak peduli berapa banyak Anda mencoba untuk membagi tugas secara merata, itu tidak akan pernah seimbang. Anda mungkin harus melakukan lebih banyak pekerjaan daripada pasangan Anda dan sebaliknya. Tapi trik di sini adalah untuk mencapai rasio 6:4 pada suatu waktu. Pasangan Anda dapat memilih untuk melakukan lebih banyak pekerjaan lain kali saat Anda beristirahat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Resmi Jadi Kader NasDem, Sutrisna Wibawa bakal Bersaing Ketat dengan Bupati Gunungkidul

Mata Indonesia, Yogyakarta - Mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa, telah resmi bergabung sebagai kader Partai Nasional Demokrat (NasDem). Hal ini jelas memperkuat dinamika politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini