Tips Nyaman untuk Si Kecil Agar Perjalanan Mudik Lancar

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Saat mudik Idul Fitri bersama anak, para orang tua tentu perlu melakukan persiapan yang matang. Berbagai perlengkapan disiapkan agar anak aman, nyaman, tidak mudah bosan, dan tidak gampang lelah.

Orang tua harus mencari tahu hal apa saja yang dipersiapkan ketika harus berpergian jauh bersama anak untuk meminimalisir kerepotannya. Berikut beberapa hal yang harus disiapkan saatmudik bersama anak agar menyenangkan, aman dan nyaman selama di perjalanan.

1. Pastikan Kondisi Anak Sehat

Sebelum melakukan perjalanan mudik, sebaiknya periksakan terlebih dahulu kesehatan si kecil. Jika anak terindikasi kesehatan yang kurang baik, maka sebaiknya perlu dipertimbangkan kembali jadwal keberangkatan ke kampung halaman.

2. Siapkan Perlengkapan Anak

Siapkan peralatan anak seperti baju ganti, tisu kering dan basah, popok, selimut, kantong plastik, susu formula, botol susu, minyak angin, sabun, serta beberapa mainan favorit anak. Simpan semua keperluan anak pada tas berukuran sedang, sehingga dapat memudahkan saat mengambilnya selama di perjalanan.

3. Gunakan Car Seat

Jika pergi mudik bersama anak menggunakan mobil, sebaiknya gunakan car seat atau kursi khusus untuk anak. Kursi ini berguna untuk memastikan keselamatan dan kenyamanan pada si kecil selama perjalanan.

4. Membawa Bekal Makanan dan Camilan

Makanan dan camilan merupakan hal wajib yang harus dibawa saat mudik. Jika di perjalanan perut anak lapar, maka anak akan rewel dan tidak nyaman.

Buah dan sayur potong, biskuit, sereal, roti, bubur, telur rebus, yoghurt bisa menjadi pilihan makanan sehat untuk si kecil saat di jalan.

5. Membawa Peralatan P3K

Jangan lupa untuk siapkan obat-obatan untuk anak saat berpergian jauh. Obat-obatan yang dapat dibawa diantaranya obat merah dan plester untuk luka, minyak angin, obat anti mabok perjalanan, obat penurun panas, hingga vitamin untuk menjaga tubuh si kecil agar tetap fit selama mudik.

Itulah beberapa persiapan mudik membawa anak yang perlu diperhatikan. Semoga perjalanan mudik berjalan dengan lancar, anak tidak rewel dan selamat sampai tujuan.

Reporter: Dhea Salsabila

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini