Bisakah Putin Bertemu dengan Zelensky di G20?

Baca Juga

MATA INDONESIA, KIEV – Terobosan baru jika hal ini terjadi. Presiden Rusia Vladimir Putin akan bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky pada Konferensi Tingkat Tinggi G20 di Bali pada November 2022.

Dalam akun twiternya, Zelensky mengaku telah diundang Presiden Joko Widodo untuk menghadiri Konferensi G20 di Bali.”Baru saja berbicara dengan Presiden Jokowi. Terima kasih atas dukungan terhadap kedaulatan dan integritas wilayah (Ukraina), terutama mengenai posisi yang jelas di PBB,” tulis Zelensky.

“Isu ketahanan pangan turut dibahas. Saya juga mengapresiasi undangan ke KTT G20,” ungkapnya.

Ia tidak menyebutkan secara detail apakah undangan ini bersifat kehadiran fisik atau daring.

Perang Rusia dan Ukraina menjadi sorotan global sejak 24 Februari, yang berimbas terhadap berbagai hal termasuk G20. Indonesia, pemegang presidensi G20 tahun ini, berada di posisi dilematis akibat konflik tersebut.

Sejumlah negara Barat mengancam akan memboikot KTT G20 jika Rusia tetap diundang ke Bali. Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden pernah berkata bahwa jika Rusia pada akhirnya tetap datang, maka Indonesia sudah seharusnya mengundang Ukraina.

Pro kontra seputar isu undangan ini pun menyeruak. Sejumlah pihak menilai Ukraina tidak perlu diundang karena bukan merupakan negara anggota G20. Terlebih, KTT G20 juga bukan merupakan forum politik, melainkan ekonomi.

Namun ada juga sejumlah pihak lain yang menilai G20 perlu dijadikan arena untuk mendorong perdamaian antara Rusia dan Ukraina.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Survei Elektabilitas Bakal Calon Walkot Jogja yang Bertarung di Pilkada 2024, Sosok Ini Mendominasi

Mata Indonesia, Yogyakarta - Menjelang Pilkada 2024 di DIY, sejumlah lembaga survei sudah bergeliat menunjukkan elektabilitas para bakal calon Wali Kota dan juga Bupati. Termasuk lembaga riset Muda Bicara ID yang ikut menunjukkan hasil surveinya. Lembaga yang diinisiasi oleh kelompok muda ini mengungkap preferensi masyarakat Kota Jogja dalam pemilihan Wali Kota Jogja 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini