Tips Bijak Pakai Paylater Agar Finansial Tetap Aman!

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Sekarang, tiap marketplace  menawarkan fitur paylater.

Fitur “belanja dulu, bayar nantiini memudahkan kalian yang ingin bertransaksi saat belum memiliki uang. Nantinya jikakamu sudah gajian, kamu bisa membayar transaksi tersebut.

Terdengar menyenangkan, namun sebenarnya kamu harus waspada terhadap penggunaan paylater ini. Kemudahan dalam menggunakan paylater harus diiringi dengan kontrol diri yang kuat karena harus digunakan dengan bijak.

Berikut adalah tips bijak menggunakan paylater.

1. Pahami Paylater dan bunganya

Sebelum transaksi pakai paylater, alangkah baiknya kamu paham dengan skema permbayaran paylater seperti apa,berapa jumlah cicilan yang harus dibayar, serta berapa bunganya.

Dilansir dari CNN, bunga paylater ini cukup tinggi jika dibandingkan dengan kartu kredit. Tanamkan mindset berutang ketika kamu pakai paylater agar kamu sadar bahwakamu punya cicilan yang harus dibayarkan.

2. Perhatikan kelegalan

Sebelum memutuskan untuk menggunakan layanan paylater di aplikasi manapun, cek kelegalan lembaganya. Lembaga yang terpercaya adalah yang diawasi OJK.

3. Lunasi tepat waktu

Paylater sifatnya seperti hutang yang bisa dicicil, namun dengan bunga dan denda. Jika kamu telat membayar, maka kamu harus membayar denda sehingga bunga dan biaya tambahan akan terus menumpuk. Oleh karena itu, lunasi paylater kamu tepat waktu.

4. Atur batasan belanja dengan paylater

Dengan menggunakan layanan paylater, bukan berarti kamu bisa belanja sepuasnya. Tetap ada biaya yang harus kamu bayar karena sistemnya seperti berhutang. Lebih baik gunakan paylater ketika kamu benar-benar butuh saja, ya!

Itu dia beberapa tips menggunakan paylater dengan bijak, agar finansial kamu tetap aman. Lebih baik menabung terlebihdahulu jika ingin membeli barang yang kamu inginkan.

Reporter: Dinda Nurshinta

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Peningkatan Infrastruktur di Bali Bukti Komitmen Indonesia Siap Selenggarakan WWF 2024

World Water Forum Ke-10 di Bali pada 18-24 Mei 2024 diharapkan akan menghasilkan berbagai solusi masalah air termasuk sanitasi...
- Advertisement -

Baca berita yang ini