Tidur Maksimal Cukup 8 Jam, Lebih? Itu Nggak Sehat

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Aktivitas tidur adalah salah satu cara untuk mengistirahatkan seluruh sistem yang ada di dalam tubuh agar mendapatkan sistem metabolisme yang baik. Setiap harinya, tubuh disarankan untuk beristirahat selama kurang lebih 8 jam pada waktu tertentu.

Setiap orang memiliki kebutuhan tidur yang berbeda-beda, tergantung usia, aktivitas sehari-hari, gaya hidup, dan kondisi kesehatan. Waktu tidur ideal untuk orang dewasa berkisar antara 7-9 jam, sedangkan lanjut usia (lansia) membutuhkan waktu tidur sekitar 7–8 jam.

Di sisi lain, terlalu banyak tidur juga akan berefek buruk pada tubuh. Tidur berlebihan dapat menyebabkan berbagai masalah medis seperti.

  1. Sakit kepala

Tidur lebih lama dari biasanya dapat menyebabkan sakit kepala. Para peneliti percaya ini disebabkan efek tidur berlebihan pada neurotransmiter tertentu di otak, termasuk serotonin.

  1. Diabetes

Akibat tidur terlalu lama ini atau kurang setiap malam nya menunjukkan dapat meningkatkan risiko diabetes.

  1. Sakit punggung

Sakit punggung umumnya dialami ketika Anda tidur terlalu lama dengan posisi tidur yang sama, terutama posisi telentang. Hal tersebut dapat membuat tulang punggung terasa kaku dan kerap menimbulkan rasa nyeri.

  1. Penyakit jantung

Kurang tidur menunjukan bahwa bisa menyebabkan penyakit jantung, penyebab terjadinya belum diketahui secara pasti tetapi gangguan tidur dapat menyebabkan metabolisme dan kinerja organ tubuh menyebabkan bermasalah kondisi seperti ini yang menyebabkan kerja jantung menjadi berat

  1. Depresi

Depresi bisa menyebabkan insomia. Tetapi, sebagian penderitanya bisa menyebabkan tidur berlebihan. Jika tidak cepet untuk di obati membuat depresi yang di alaminya semakin parah dan bisa beresiko mengalami kecemasan, sulit konsentrasi, berkurang nya ingatan, dan mudah lelah.

Cara agar tidur tidak berlebihan

Banyak penyebab yang membuat kita tidur terlalu lama seperti sedang mengkonsumsi obat-obatan. Oleh karena itu, segera berkonsultasi ke dokter saat merasakan tidur melebihi 8 jam perhari nya. Tetapi, jika tidak berlebihan dan masih bisa untuk dikontrol cobalah untuk mengatur waktu tidur dan bangun yang tertentu setiap hari nya.

Selain itu hindari minuman yang beralkohol dan kafein menjelang waktu tidur, berolahraga secara rutin manfaatnya bukan hanya untuk kesehatan namun bisa membantu pola tidur lebih teratur, dan mengatur tata letak kamar agar menjadi ruangan yang nyaman sangat membantu untuk memperbaiki pola tidur.

Reporter : Firda Padila

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Tindakan OPM Semakin Keji, Negara Tegaskan Tidak Akan Kalah Lawan Pemberontak

Organisasi Papua Merdeka (OPM) banyak melancarkan aksi kekejaman yang semakin keji. Maka dari itu, negara harus tegas untuk tidak...
- Advertisement -

Baca berita yang ini