Sulap Bukan Sihir

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – ‘Bimsalabim abrakadabra’, sebuah jargon yang sering diucapkan dalam atraksi sulap. Banyak yang berfikir kalau sulap sama halnya dengan sihir, padahal tidak sama sekali.

Sulap merupakan sebuah seni yang telah ditemukan pada 2600 sebelum masehi, di Mesir kuno. Lembaran kertas papirus menjadi bukti sejarah, meskipun sulit dipercaya untuk kebenarannya.

Pada atraksinya, sulap menggunakan trik dengan keahlian teknik dan juga alat. Dalam pertunjukkannya tidak ada unsur spiritual atau semacamnya.

Biasanya sulap dilakukan untuk menghibur penonton. Dengan Aksi berbagai macam trik yang dapat mengelabuhi indera penglihatan.

Berbeda dengan sihir, suatu sistem konseptual yang didalamnya terdapat unsur mistik, paranormal, atau supranatural. Ada berbagai macam jenis sihir, tergantung pada tujuan tertentu.

Sihir dilakukan dengan adanya hajat tertentu, seperti ingin membuat orang sakit atau membunuhnya. Namun sudah jelas akan membuat perkara jika bermain dalam dunia gelap sihir.

Ada sebagian orang yang tidak percaya adanya sihir karena itu sebuah hal yang tidak masuk akal. Namun juga jangan sekali-kali untuk terjun ke dunia sihir, karena dapat membuat hidup menjadi sengsara.

Pesulap melakukan berbagai macam trik yang dapat mengelabuhi penontonnya sehingga yang dilakukannya di depan panggung seperti benar-benar terjadi.Padahal sesungguhnya itu adalah sebuah tipuan.

Tidak ada yang bisa memastikan kapan sulap ada pertama kali. Tetapi setidaknya kita bisa tahu bahwa sulap sudah ada sejak tahun 2600 SM (Sebelum Masehi).

Ini bisa diketahui setelah ditemukannya peninggalan sejarah yang berasal dari Mesir kuno. Peninggalan sejarah tersebut berupa lembaran papirus yang isinya bercerita tentang pengalaman sulap di zaman dulu.

Dari semua orang yang ada di dunia, hampir semua menyukai pertunjukan sulap. Sulap memiliki sebuah daya tarik yang khas yaitu adanya pertunjukan yang menggabungkan berbagai seni serta ilmu yang ada.

Misalnya seni tari, seni musik, seni rupa, dan jenis seni lainnya, ada juga yang melibatkan ilmu fisika, ilmu biologi, ilmu kimia, dan ilmu psikologi.

Pertunjukan sulap bukanlah suatu keterampilan yang berbau supranatural atau magis seperti sihir. Karena sulap itu adalah sebuah permainan kelihaian tangan atau manipulasi (trik menipu) dan dibantu dengan perlengkapan tambahan.

Semua trik yang digunakan pesulap dapat dijelaskan kepada penonton. Tapi tidak semua pesulap memberitahukannya kepada penonton, mereka merahasiakannya agar tidak ditiru oleh orang lain.

Biasanya sebelum melakukan pertunjukan, pesulap mencari trik sulap yang menarik lalu kemudian melatihnya terus menerus agar tidak membuat kesalahan pada saat tampil di depan orang banyak.

Reporter: Fajar Nur Alamsyah

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Penyidik Kejati DIY Berhasil Menyita Sejumlah Uang Tunai Dan Beberapa Dokumen di Rumah Dinas Dirut PT Taru Martani

Mata Indonesia, Yogyakarta - Tim Penyidik Kejaksaan Tinggi D.I.Yogyakarta melakukan Penggeledahan dan Penyitaan di Kantor PT. Taru Martani Jln. Kompol Bambang Suprapto No.2A Baciro Gondokusuman Yogyakarta dan Rumah Dinas Dirut PT. Taru Martani Jln. Tunjung Baciro Yogyakarta, pada Senin (1/5/2024).
- Advertisement -

Baca berita yang ini