Soal dan Jawaban Materi Klasifikasi Informasi 4-6 SD di TVRI 10 November 2020

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Program Belajar dari Rumah TVRI hingga kini masih terus berlanjut di masa new normal corona (covid-19).

Berikut soal dan kunci jawaban materi ‘Klasifikasi Informasi’ di TVRI untuk kelas 4-6 SD pada Selasa, 10 November 2020, dilansir dari Kemdikbud :

1. Carilah teks yang membahas fenomena saat ini, seperti pandemi covid19 dan atau banjir. Lalu buatlah peta pemikiran yang menarik dari teks tersebut!
Contok teks ini dilansir dari Kompas.com terbitan Kamis 3 September 2020 2020 berjudul “Kilas Balik Pembelajaran Jarak Jauh akibat Pandemi Covid-19”.

Pandemi virus corona ( Covid-19) di Indonesia memaksa aktivitas belajar mengajar tatap muka di sekolah dihentikan. Tidak ingin penularan Covid-19 semakin merajalela, pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memutuskan untuk memindahkan ruang belajar ke dunia maya. Program tersebut bernama Pembelajaran Jarak Jauh ( PJJ). Siswa/i dan mahasiswa memanfaatkan gawai dan jaringan internet untuk mendapatkan materi pembelajaran dari guru di sekolah.

Lantas, seperti apa perjalanan PJJ selama pandemi yang saat ini sudah memasuki bulan ke-6? Berikut rangkumannya :

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengeluarkan surat edaran untuk pencegahan virus corona (Covid-19) pada satuan pendidikan, Minggu 9 Maret 2020.

Surat tersebut ditujukan kepada kepala dinas pendidikan provinsi, kepala dinas pendidikan kabupaten/kota, kepala lembaga layanan pendidikan tinggi, pemimpin perguruan tinggi, dan kepala sekolah di seluruh Indonesia.

Nadiem Makarim mengajak berbagai pihak di dunia pendidikan untuk bergerak bersama menghadapi virus corona yang telah resmi ditetapkan WHO sebagai pandemi global untuk melakukan langkah-langkah mencegah berkembangnya penyebaran Covid-19 di lingkungan satuan pendidikan.

“Kita bergerak bersama untuk bisa lepas dari situasi ini,” kata Mendikbud Nadiem melalui rilis resminya, 12 Maret 2020.

Setidaknya sudah ada dua surat edaran dikeluarkan Kemendikbud terkait virus corona; Pertama, Surat Nomor 2 Tahun 2020 tentang Pencegahan dan Penanganan Covid-19 di lingkungan Kemendikbud. Kedua, Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 tentang Pencegahan Covid-19 pada Satuan Pendidikan.

Kegiatan sekolah pun berlangsung tak seperti tahun-tahun sebelumnya, saat situasi sebelum pandemi virus corona. Namun, berbagai tantangan harus dihadapi demi berlangsungnya pendidikan di negeri ini.

Permasalahan yang harus dihadapi terutama terkait dengan infrastruktur, seperti listrik dan jaringan internet. Selain itu, tidak sedikit keluarga yang tidak memiliki gawai sebagai sarana untuk mengikuti PJJ.

*Peta pemikiran
a. Apa yang dilakukan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan agar penularan Covid-19 tak semakin merajalela di sekolah?
Aktivitas belajar mengajar tatap muka di sekolah dihentikan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memutuskan untuk memindahkan ruang belajar ke dunia maya yang disebut Pembelajaran Jarak Jauh ( PJJ).

b. Apa yang dilakukan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim untuk pencegahan virus corona (Covid-19) pada satuan pendidikan?
Mengeluarkan surat edaran. Setidaknya sudah ada dua surat edaran dikeluarkan Kemendikbud terkait virus corona; Pertama, Surat Nomor 2 Tahun 2020 tentang Pencegahan dan Penanganan Covid-19 di lingkungan Kemendikbud. Kedua, Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 tentang Pencegahan Covid-19 pada Satuan Pendidikan.

c. Kepada Siapa surat edaran ditujukan?
Surat tersebut ditujukan kepada kepala dinas pendidikan provinsi, kepala dinas pendidikan kabupaten/kota, kepala lembaga layanan pendidikan tinggi, pemimpin perguruan tinggi, dan kepala sekolah di seluruh Indonesia.

d. Kapan dimulainya kegiatan PJJ?
Sejak surat edaran Surat Nomor 2 Tahun 2020 tentang Pencegahan dan Penanganan Covid-19 di lingkungan Kemendikbud

e. Di mana kegiatan PJJ diterapkan?
Di rumah siswa dengan memindahkan ruang belajar ke dunia maya

f. Siapa yang melakukan PJJ?
Seluruh sekolah dan perguruan tinggi di Indonesia

g. Bagaimana cara melakukan PJJ?
Dengan memindahkan ruang belajar ke dunia maya

h. Berapa lama sudah kegiatan PJJ ini dilakukan?
Sudah semenjak 6 bulan yang lalu.

2. Buatlah peta pemikiran yang menarik mengenai informasi apa saja yang terdapat dalam film ‘Mondok’?
a. Siapa yang melakukan tindakan tidak baik di sekolah?
Reyhan

b. Apa yang dilakukan Reyhan di sekolah?
– Memprovokasi teman-temannya untuk berkelahi
– Suka membully teman-temannya
– Suka membuat kartu dari kertas karton
– Suka memalak temannya
– Suka mencuri uang temannya

c. Dimana Reyhan melakukannya?
Di Sekolah

d. Kapan Reyhan melakukannya?
Pada saat jam pelajaran di sekolah

e. Mengapa Reyhan diberhentikan dari sekolah?
Karena Reyhan sudah melakukan pelanggaran aturan sekolah

f. Bagaimana cara sekolah membimbing Reyhan?
Dengan memberikan teguran secara langsung dan memanggil kedua orang tua Reyhan

g. Berapa banyak Reyhan memprovokasi teman-temannya untuk berkelahi?
Sudah yang ke-3 kalinya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upaya Presiden Jokowi Tingkatkan Kesejahteraan Pekerja Melalui Pengesahan UU Cipta Kerja

Oleh: Teguh Ahmad Insani )* Undang-Undang (UU) Cipta Kerja, yang disahkan pada tahun 2020, merupakan salah satu langkah strategis pemerintahan...
- Advertisement -

Baca berita yang ini