Simak Tips dan Syarat Lolos Catar STIN

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN) merupakan salah satu Perguruan Tinggi Kedinasan yang berdiri di bawah naungan Badan Intelijen Negara (BIN). Sebagai salah satu PTK yang cukup diminati, STIN memiliki tujuan untuk mempersiapkan alumninya sebagai anggota masyarakat intelijen dengan kemampuan akademik serta memiliki keahlian profesional.

Seperti halnya sekolah kedinasan lainnya, proses rekruitmen Calon Taruna (Catar) STIN cukup sulit dan persaingannya pun cukup berat. Nah biar kamu bisa lolos seleksi, coba ikuti beberapa tips berikut ini.

1. Siapkan Berkas dengan Benar dan Lengkap

Pastikan segala dokumen, seperti rapor, KTP, akta kelahiran, surat rekomendasi, kartu keluarga, dan data-data lainnya lengkap dan sudah diperbanyak dan dilegalisasi.

2. Belajar Contoh-contoh Soal

Tahapan selanjutnya, calon taruna akan melewati sejumlah tes tertulis, meliputi Tes Potensi Akademik (TPA), Tes Kemempuan Dasar (TKD), Tes Kemempuan Bidang (TKB) dan psikotes, serta tes wawancara.

Untuk itu, pelajari tipe-tipe soal dan bentuk soal yang akan diujikan. Berlatihlah mengerjakan soal dengan cepat karena saat tes nanti waktu yang diberikan sangat terbatas.

3. Kuasai Kemampuan Bahasa dan Keterampilan

Kemampuan bahasa Inggris dan keterampilan komputer merupakan salah satu modal penting dalam menjalani seleksi masuk sekolah kedinasan. Tes ini juga menjadi salah satu tahapan penting yang menentukan calon siswa dan taruna untuk lolos ke tahapan berikutnya.

4. Siapkan Mental

Kondisi mental yang baik sangat mempengaruhi seseorang dalam mengerjakan setiap tahapn seleksi tes masuk sekolah kedinasan.

Jangan terlalu stres ketika akan menghadapi ujian. Tidur yang cukup dan mengonsumsi vitamin sebelum menghadapi setiap tes yang diberikan.

5. Jaga Kesehatan

Kesehatan tubuh merupakan faktor yang sangat penting saat menjalani tahapan seleksi sekolah kedinasan. Terutama sebelum menjalani tes kesehatan, pastikan bahwa kondisi anda dalam keadaan benar-benar fit.

Lakukan pemeriksaan diri secara keseluruhan sebelum tes berlangsung. Setelah mengetahui penyakit-penyakit yang dapat menggugurkanmu dalam tes kesehatan, berobatlah dan berkonsultasilah dengan dokter.

6. Utamakan Kejujuran

Kejujuran juga menjadi salah satu faktor penting lainnya dalam tahapan proses seleksi sekolah kedinasan, terutama pada saat tes wawancara.

Jawablah segala pertanyaan dengan jujur, sopan, dan menggunakan bahasa yang formal. Di samping itu, kejujuran juga penting saat melakukan pengumpulan dokumen. Jangan sekali-kali memalsukan atau memanipulasi data karena bisa membuatmu langsung gugur dalam proses seleksi.

Untuk informasi pendaftaran dan segala persyaratan untuk mendaftar, silahkan kunjungi laman ini.

Selamat berjuang dan semoga dapat hasil yang memuaskan!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini