Simak, Ini 5 Tips Berkendara Aman saat Arus Balik Mudik

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Arus balik mudik sudah mulai terlihat di beberapa titik seperti jalan tol, terminal, stasiun, pelabuhan, maupun bandara. Para pemudik mulai meninggalkan kampung halaman setelah merayakan Hari Raya Lebaran bersama keluarga.

Biasanya arus balik mudik akan menyebabkan kemacetan. Maka dari itu, pemudik diharapkan untuk mempersiapkan diri dan kendaraan saat ingin menempuh arus balik.

Agar selamat, aman dan nyaman selama perjalanan arus balik lebaran, yuk simak tips berikut ini.

1. Memilih Waktu

Menentukan waktu arus balik merupakan hal penting yang harus dilakukan. Disarankan untuk melakukan perjalanan balik mudik lebih awal untuk menghindari terjadinya kepadatan lalu lintas. Jangan memilih waktu balik ke kota di hari Sabtu dan Minggu, karena berpotensi adanya titik kemacetan.  

2. Cek Kondisi Kendaraan

Saat ingin balik mudik, pastikan terlebih dahulu mesin kendaraan yang akan digunakan seperti rem, lampu, ban, bahan bakar, dan mesin lainnya. Hal ini dilakukan agar dapat meminimalisir hal-hal buruk yang tidak diinginkan sekaligus membuat perjalanan balik mudik menjadi lebih aman.

3. Jangan Membawa Muatan Lebih

Biasanya pemudik membawa buah tangan dari kampung halamannya. Namun, perlu diperhatikan agar tidak memaksakan membawa barang terlalu banyak. Ini tentunya akan berpengaruh pada kinerja kendaraan dan dapat membahayakan pengendara.

4. Patuhi Aturan Lalu Lintas

Demi kelancaran arus lalu lintas selama balik mudik, pemudik wajib cari tahu dan patuhi peraturan lalu lintas, diantaranya: penerapan sistem ganjil-genap dan one way, serta waspadai kamera pengintai kepolisian atau ETLE.

5. Beristirahat

Jika dalam perjalanan balik mudik mata terasa mengantuk dan tubuh lelah, maka jangan paksakan diri untuk tetap berkendara. Lakukan istirahat sejenak minimal 2 jam sekali agar tubuh tetap fit. Jika memaksakan diri, maka dapat meningkatkan risiko kecelakaan.

Saat perjalanan balik mudik, pastikan juga untuk membawa makanan dan minuman yang cukup untuk menghilangkan rasa lapar selama berkendara. Selamat melakukan perjalanan arus balik mudik. Semoga selamat sampai tujuan.

Reporter: Dhea Salsabila

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pemerintah Bangun IKN Dengan Tetap Memberdayakan Masyarakat Lokal

Pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur bukan hanya tentang memindahkan pusat pemerintahan, tapi juga tentang membangun masa...
- Advertisement -

Baca berita yang ini