Simak Gaes, Ini Cara Mudah Bedakan Masker Asli dan Palsu

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Membedakan masker asli dan palsu tidak bisa dilihat dari harganya. Ada cara mudah untuk mengetahui keasliannya.

Saat ini masker sudah menjadi barang kebutuhan sehari-hari. Penggunaan masker diharapkan bisa mencegah penularan Covid-19. Seiring tingginya pemintaan, ada oknum nakal yang menjual masker tak sesuai standar.

Jangan khawatir, sekarang kamu bisa membedakan antara masker asli dan palsu. Dengan begitu, kamu bisa merasa lebih tenang dan perlindungan masker untuk mencegah penularan virus corona pun akan maksimal.

Tidak semua masker yang dijual memenuhi standar penggunaan dan pencegahan Covid-19. Beberapa jenis masker mungkin terlalu tipis, terbuat dari bahan yang tidak disarankan, bahkan palsu. Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) menyebut ada cara mudah untuk mengetahuinya.

Menurut KPCPEN, salah satu ciri masker asli adalah terdapat informasi izin edar dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Izin edar yang dimaksud tertera dan bisa bisa ditemukan pada kemasan produk atau dusnya. Kamu bisa memastikan atau melakukan verifikasi izin edar yang tertera di kemasan melalui website: infoalkes.kemkes.go.id.

Selain mengetahui apakah masker yang digunakan asli atau palsu, penting juga untuk memastikan masker yang dikenakan sesuai dengan standar. Centers for Disease Control and Prevention (CDC) dan World Health Organization (WHO) telah menyampaikan rekomendasi penggunaan masker secara umum. Masker yang digunakan harus bisa melindungi dengan sempurna.

CDC menyebut, masker yang digunakan untuk mencegah penularan Covid-19 harus terdiri setidaknya dua atau lebih lapis kain, bisa dicuci, dan terbuat dari kain atau bahan yang tidak menyulitkan bernapas. Selain itu, pilih jenis masker yang bisa menutupi mulut dan hidung secara menyeluruh, sebab bagian ini merupakan “pintu masuk” virus corona.

Selain menutupi mulut dan hidung, masker yang digunakan juga harus bisa menutupi bagian wajah di sekitar mulut dan hidung. Pilih masker yang dilengkapi dengan pengait atau besi di bagian hidung. Saat digunakan, jangan lupa tekan bagian tersebut sehingga risiko masuknya virus dari percikan udara melalui bagian atas masker bisa dihindari.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upayakan Berantas Penumpukan Sampah Liar, Pemkab Bantul Optimalisasi 15 TPS3R

Mata Indonesia, Bantul - Pemkab Bantul terus mencari solusi terhadap sampah yang belum terkondisi di beberapa titik. Tak jarang masyarakat hingga pelaku usaha cukup kesulitan harus membuang kemana sampah mereka.
- Advertisement -

Baca berita yang ini