Sering Mual Usai Olahraga? Begini Cara Mengatasinya!

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Olahraga merupakan aktivitas yang tak boleh tertinggal. Apalagi di masa pandemi Covid-19 yang menuntut imunitas tubuh meningkat untuk melawan virus corona.

Namun, sering kali kita merasa mual usia berolahraga. Mual setelah olahraga biasanya dialami oleh seseorang yang melakukan dengan intensitas tinggi seperti lari yang terlalu jauh dan terlalu cepat.

Mual saat olahraga bisa dialami oleh siapa saja, baik pemula, orang yang sudah terbiasa melakukan olahraga, atau bahkan atlet sekalipun.

Lantas, bagaimana cara mengatasinya?

Dilansir Alodokter, mual setelah olahraga bisa disebabkan oleh penurunan aliran darah yang masuk ke organ pencernaan. Kurangnya aliran darah yang masuk ke sistem pencernaan dapat membuat perut terasa tidak nyaman, sehingga menyebabkan kamu mengalami mual.

Hal ini terjadi karena saat olahraga, darah lebih banyak masuk ke otot tubuh dibandingkan ke sistem pencernaan. Selain itu, mual setelah olahraga juga bisa disebabkan oleh dehidrasi dan cuaca yang terlalu panas.

Hal pertama yang bisa kamu lakukan untuk mencegah mual usai olahraga adalah sebagai berikut!

1. Perhatikan Makanan

Salah satu cara mencegah mual setelah olahraga adalah memerhatikan makanan yang dikonsumsi sebelum olahraga. Sebaiknya hindari konsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh, seperti gorengan dan junk food.

Sebagai gantinya, kamu bisa mengonsumsi makanan yang kaya akan lemak baik, protein, dan karbohidrat. Beberapa contoh makanan yang baik dikonsumsi saat hendak berolahraga adalah pisang, alpukat, dan roti gandum.

2. Melakukan Pemanasan dan Pendinginan

Sama halnya dengan otot dan sendi, organ tubuh juga mudah ‘kaget’ jika mengalami suatu gerakan yang terjadi secara tiba-tiba. Hal ini kemudian dapat memicu mual.

Jadi, penting untuk selalu melakukan pemanasan dan pendinginan, sebelum dan setelah olahraga.

3.Hindari Olahraga Berlebihan

Olahraga memang baik untuk kesehatan tubuh. Namun jika dilakukan secara berlebihan, olahraga justru bisa menyebabkanmu mual serta meningkatkan risiko terjadinya cedera.

Jika belum terbiasa berolahraga, lakukan dulu perlahan-lahan dan dalam waktu singkat, kemudian tingkatkan waktu dan intensitas gerakannya setelah tubuh sudah terbiasa.

Mual saat olahraga yang hanya terjadi sesekali sebenarnya normal terjadi. Namun jika mual saat olahraga sering terjadi, sebaiknya kamu konsultasikan ke dokter.

4. Minum Air Putih

Satu lagi cara yang tepat untuk mencegah mual usai olahraga ialah minum air putih. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk mencukupi kebutuhan cairan dengan cara minum air putih yang cukup, setidaknya satu jam sebelum olahraga. Namun, jangan sampai terlalu banyak karena justru bisa memicu mual.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Apresiasi Aparat Keamanan Tangkap Petinggi OPM Paniai Papua

Satuan Tugas (Satgas) Damai Cartenz berhasil menangkap petinggi Organisasi Papua Merdeka (OPM) Paniai bernama Petrus Pekei, yang mana pernah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini