Sering Batuk di Pagi Hari? Hati-hati, Ini Penyebabnya

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Batuk di pagi hari yang intens dan sulit untuk berhenti cenderung memperkeruh suasana hati. Kondisi ini diduga memperlihatkan adanya gangguan kesehatan ringan hingga penyakit kronis yang sudah akut. Maka, sudah sepatutnya Anda perlu hati-hati jika mengalami kondisi tersebut.

Solusi untuk menyembuhkannya bisa diredakan dengan meminum air hangat atau panas. Meski demikian, cara lain untuk meredakannya bisa dengan mengonsumsi obat-obatan medis tertentu. Mengutip dari Medicalnewstoday, terdapat beberapa penyebab gangguan batuk di pagi hari dan cara mengatasinya

Penyebab pertama yaitu diakibatkan Post nasal drip atau yang sering disingkat PND. Kondisi ini meliputi mengalirnya ingus atau cairan dari hidung ke tenggorokan. Umumnya, penyakit ini muncul karena dipicu beberapa hal seperti flu, alergi, radang tenggorokan, batuk kronis dan berbagai gangguan kesehatan di paru.

Maka, agar bisa mencegah batuk di pagi hari karena PND, sebaiknya meminum banyak air serta tidur di kamar dengan humidifier.

Kedua adalah asma. Peradangan dan pembengkakan kronis di saluran napas bisa memicu batuk di pagi hari. Bahkan, tidak jarang menyebabkan tidur menjadi terganggu. Maka, solusi untuk mencegahnya yaitu dengan menghindari sejumlah faktor yang bisa memicu asma seperti debu dan kondisi suhu kamar.

Ketiga, yakni sindrom mulut kering karena tubuh mengalami kekurangan cairan. Penyebabnya kondisi kamar yang terlalu kering atau tidur dengan kondisi mulut terbuka. Hal ini menyebabkan tenggorokan kering dan gatal sehingga memicu batuk dan rasa terbakar di pangkal tenggorokan. Maka dengan minum air sebelum dan setelah tidur bisa menjadi solusi untuk mengatasi hal tersebut.

Terakhir, yaitu disebabkan oleh faktor asam lambung yang menyebabkan sensasi heartburn. Apabila kondisi asam lambung tengah kambuh maka batuk kronis bisa terjadi di pagi hari. Cara mengatasinya yaitu dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung asam sebelum tidur. Selain itu, bisa juga dengan tidur dengan posisi kepala berada di atas bantal yang tinggi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Rumah Sekda Karawang Digeledah, Begini Tanggapan Ketua BEM Fakultas Hukum UBP Karawang

MATA INDONESIA, KARAWANG-Pasca penggeledahan ruang dinas dan rumah Sekretaris Daerah Kabupaten Karawang yang dilakukan oleh Kejaksaan Tinggi Jawa Barat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini