Semangat! Ini Deretan Film Tentang Pemuda Tanah Air yang Menginspirasi

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Hari sumpah pemuda diperingati setiap tanggal 28 Oktober. 93 tahun lalu, tepat pada tahun 1928, dicetuskannya sumpah pemuda.

Isi sumpah pemuda yaitu mengenai ikrar bertanah air satu, berbangsa satu dan berbahasa satu: bahasa Indonesia.

Sejak 1959, tanggal 28 Oktober ditetapkan sebagai hari sumpah pemuda, yaitu hari nasional yang bukan hari libur yang ditetapkan oleh pemerintah Indonesia melalui Keppres No. 316 Tahun 1959 tanggal 16 Desember 1959 untuk memperingati peristiwa Sumpah Pemuda.

Untuk memperingati sumpah pemuda, ini dia beberapa film tentang perjuangan pemuda yang bisa Anda tonton

  1. 5 CM

Film ini mengisahkan tentang lima sahabat karib yang sedang mencoba menguji ikatan persahabatan mereka dengan mendaki puncak Semeru bersama-sama. Film ini digarap oleh sutradara Rizal Mantovani ini diadaptasi dari Novel best seller berjudul sama karya Donny Dhirgantoro.

  1. Rudy Habibie

Diadaptasi dari buku karya Gina S. Noer yang berjudul “Rudy: Kisah Masa Muda Sang Visioner”, film ini banyak menceritakan hal tentang BJ Habibie yang gak banyak diketahui orang. Bagian paling mengesankan dari film ini tentu perjuangan Habibie dalam menjaga cita-cita, hal yang kadang sangat susah dilakukan oleh anak muda.

  1. Gundala

Film ini mengisahkan seorang pemuda bernama Sancaka yang hidup di jalanan sejak ditinggal ayah dan ibunya. Menghadapi hidup yang keras, Sancaka belajar untuk bertahan hidup dengan tidak peduli dengan orang lain dan hanya mencoba untuk mendapatkan tempat yang aman bagi dirinya sendiri.

  1. Negeri Dongeng

Film drama dokumenter ini menceritakan tentang tujuh anak muda Indonesia, berbekal tujuh buah kamera, dan mendaki tujuh puncak gunung tertinggi di nusantara. Perjalanan panjang membuat mereka mengupas cerita pada setiap tempat yang disinggahi.

Pertemuan dengan orang-orang baru selama penjelajahan darat, laut, dan udara, memperlihatkan betapa Indonesia begitu kaya dan luas untuk dijelajahi bersama-sama. Film ini dirilis pada 2017 lalu dan disutradarai oleh Anggi Frisca.

  1. Wage

Film Wage menceritakan mengenai biografi Wage Rudolf Soepratman atau W.R Supratman, pencipta lagu kebangsaan Indonesia berjudul Indonesia Raya. Dari film Wage, kita bisa belajar bahwa kini pemuda bisa berjuang untuk Indonesia melalui karya yang dihasilkan. Khoirul Ilyas Aryatmaja, Putri Ayudya, dan Herman Bennink ikut membintangi film Wage yang rilis tahun 2017 ini.

  1. 3 Srikandi

Film 3 Srikandi mengangkat kisah nyata pada tahun 1988 ada 3 pemanah wanita dari Indonesia meraih medali pertama dalam Olimpiade Seoul. Dikisahkan 3 pemanah wanita ini dilatih terus menerus menjelang Olimpiade Seoul tahun 1988. Bunga Citra Lestari, Chelsea Islan, dan Tara Basro membintangi film 3 Srikandi yang rilis tahun 2016 ini.

Reporter : Firda Padila

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini