Selain Vesva, Ini Motor Jadul yang Masih Tren

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Sejak dulu, di Indonesia penggunaan sepeda motor roda dua sangat banyak digunakan. Ditambah berkembangnya teknologi, membuat jenis sepeda motor di zaman sekarang menjadi lebih beragam. Hal ini tidak membuat motor zaman dulu kehilangan eksistensinya.

Kira-kira di Indonesia, jenis motor jadul apa aja, sih, yang masih tren dan menjadi incaran saat ini? Yuk simak!

Series Honda CB 100

Series ini cukup populer dan tetap diburu para kolektor. Dalam web otofreak.com, dijelaskan bahwa Honda CB 100 memiliki beberapa variasi atau seri. Honda CB 100 diproduksi pada tahun 1970-1971. Seri lainnya menyusul ditiap 4-5 tahun, seperti CB 100-K0 sampai -K5, dan CB 100N.

Dari semua seri yang ada, CB 100-K2 atau CB Gelatik lah yang paling banyak menarik perhatian dan paling dicari. Terlebih ketika ramainya film Dilan 1990 yang menggunakan motor ini sebagai properti.

CB Gelatik ini digunakan pemeran utama, Dilan, yang diperankan oleh Iqbal Ramadhan. Motor ini tampak keren dan gagah ketika ditumpangi Dilan dan Milea (pemeran utama perempuan di film Dilan 1990) dan menjadi garang saat digunakan Dilan yang merupakan anggota geng motor di film tersebut. Alhasil, setelah munculnya film Dilan ini, banyak yang tertarik untuk memiliki Honda CB 100 ini. Harga dipasaran saat ini, Honda CB 100 memiliki variasi harga, dengan yang termurah bisa mencapai 10 juta, dan akan lebih mahal ketika motor ini sudah dimodifikasi.

Series Yamaha RX

Series motor yang juga diburu para kolektor adalah Yamaha RX. Dikutip dari carmudi.co.id, Seri RX King pertama kali hadir di Indonesia pada tahun 70-an. Keluaran pertama motor ini adalah RX 125 Twin pada 1976, kemudian disusul dengan RX 100, RX 125 Engkel, RX-K 135, RX-S 115, RX Spesial, RX King, RXZ, dan terakhir dari seri RX yaitu RZR.

Produksi seri Yamaha RX banyak dicari dan diminati karena masih banyak dan mudah ditemui suku cadangnya. Dan dari semua seri itu, yang sampai sekarang paling sering dicari dan diminati adalah RX King.

RX King dari dulu memiliki keunggulan pada tarikan motornya, dan dijuluki sebagai ‘raja jalanan’ pada awal kemunculannya. Bahkan, dijuluki juga sebagai motor penjambret, karena banyak kasus penjabretan yang menggunakan motor ini saat beraksi.
Harga untuk satu unit series Yamaha RX second atau bekas yang paling murah berada dikisaran harga 10 juta, sedangkan yang termahal yang pernah dibeli, mencapai Rp 100 juta

Series Vespa Klasik


Vespa merupakan sepeda motor jenis skuter yang diproduksi oleh perusahaan asal Italy, Piaggio. Vespa Klasik atau Vespa jadul ini adalah produksi Vespa pertama yang masuk ke Indonesia, seperti Vespa Kongo, Super, GS MK2, dan jenis Vespa lainnya yang mempunyai bentuk fisik dengan kesan pendek dan lebar. Kemudian, untuk Vespa Modern atau Vespa matic adalah Vespa produksi baru dari Piaggio. Vespa matic ini antaralain model Vespa GTS 150, Primavera, Sprintr, dan LX.

Baik jenis klasik maupun yang modern menjamur keberadaannya. Vespa Klasik paling mempunyai nilai. Selain jenis Vespa ini sudah tidak lagi diproduksi, ditambah tampilan retro dan vintage.

Reporter: Fiolita Dwina Astari

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini