Sebelum Ikut Tren ‘Sprite Challenge’ di TikTok, Ketahui Bahaya Jika Terlalu Banyak Minum Soda

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Belakangan ini muncul tren baru di TikTok yaitu Sprite Challenge, minum sebotol sprite atau soda sampai habis dalam waktu singkat. Bahkan warganet yang mengikuti tantangan ini tidak boleh bersendawa alias harus menahannya sampai habis.

Minuman bersoda atau dikenal sebagai air karbonasi, merupakan minuman dengan kandungan gas karbon dioksida. Kandungan inilah yang membuat minuman bersoda memiliki ciri khas gelembung-gelembung air yang menempel di dinding botol.

Minuman ini memang digemari banyak orang, namun ternyata jika minum soda terlalu berlebih tidak baik bagi kesehatan, karena dapat memicu berbagai penyakit dalam tubuh. Apa saja dampak buruk bagi tubuh jika terlalu banyak minum soda? Yuk, cari tahu berikut ini.

Menyebabkan Kerusakan pada Gigi

Air soda mengandung gula buatan yang tinggi, asam sitrat dan karbon dioksida yang dapat menyebabkan kerusakan pada gigi. Kerusakan tersebut mulai dari keropos, gigi berlubang, karies, hingga pertumbuhan gigi yang tidak sempurna.

Masalah Ginjal

Orang yang terlalu sering minum soda berisiko lebih tinggi mengalami masalah pada ginjal, seperti batu ginjal dan gagal ginjal akut. Hal ini juga dapat diperparah jika tidak diimbangi dengan minum air putih yang cukup.

Serangan Jantung dan Stroke

Jika terlalu banyak mengonsumsi minuman bersoda dengan kandungan gula yang tinggi, maka dapat meningkatkan risiko terkena serangan jantung dan stroke. Hal itu terjadi karena minuman ini memiliki kaitan dengan peningkatan peradangan, kolesterol, dan resistensi insulin.

Memicu Obesitas

Kandungan gula yang tinggi di dalam minuman bersoda diketahui dapat mengakibatkan penumpukan lemak hingga memicu terjadinya obesitas. Penyakit ini merupakan akar dari banyak penyakit serius lainnya, seperti stroke dan penyakit jantung.

Menyebabkan Osteoporosis

Air soda dengan kandungan asam fosfat dan kafein bisa menyebabkan kurangnya penyerapan kalsium, kerusakan dan kerapuhan tulang. Sehingga, jika dikonsumsi terlalu banyak dapat meningkatkan risiko terjadinya osteoporosis.

Nah, itulah dampak buruk bagi tubuh jika terlalu banyak minum soda yang perlu kamu ketahui. Jika minum soda sebaiknya batasi konsumsinya atau bisa beralih ke jenis minuman lain untuk meminimalisir risiko terkena gangguan kesehatan.

Reporter: Dhea Salsabila

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Kecelakaan Bus di Ciater jadi Sorotan, Disdik Sleman Perketat Izin Study Tour Sekolah

Mata Indonesia, Sleman - Dinas Pendidikan (Disdik) Sleman menetapkan aturan ketat bagi sekolah yang ingin melaksanakan kegiatan seperti study tour atau outing class. Setiap sekolah wajib mengajukan izin kepada Disdik Sleman sebelum melakukan kegiatan tersebut.
- Advertisement -

Baca berita yang ini