Punya Hobi Nahan Kentut? Awas, Bikin Cepat Mati

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA – Kalau mau kentut, ya kentut aja, jangan ditahan-tahan, tak baik. Benar sih, terkadang, dalam kondisi yang tidak memungkinkan, seperti di keramaian atau di ruang tertutup yang sirkulasi udaranya tidak bagus memaksa kita untuk menahan kentut.

Bukan hanya mengeluarkan bau yang tak mengenakkan orang lain, tapi suara yang ditimbulkan bisa bikin malu. Tapi, di balik itu, ternyata menahan kentut ada efek buruknya bagi kesehatan.

Yuk, ketahui efek buruk apa saja yang ditimbulkan akibat hobi menahan kentut:

1. Peritonitis

Mengutip thehealthsite.com, periotonitis atau peradangan pada peritoneum, yaitu jaringan pelapis pada dinding perut dapat terjadi karena seringnya kentut tertahan untuk keluar. Peradangan ini bisa menyebar ke seluruh tubuh dan membahayakan nyawa.

2. Kram

Kelebihan gas dalam tubuh akibat kentut yang terus-terusan ditahan dapat berdampak pada kram perut. Akibatnya, si penderita kram akan merasakan sakit dan gejala buruk lainnya.

3. Ambeien

Gerakan berlebihan dengan banyak tenaga yang terpakai pada bagian dubur saat menahan kentut akan membuat otot-otot pada organ tersebut menegang dan pembuluh darah melebar. Akibatnya seseorang akan mengalami ambeien atau wasir.

4. Infeksi Diverticulosis

Jenis infeksi ini terjadi karena pembentukan kantung-kantung kecil pada lapisan usus besar. Kondisi ini terjadi karena tekanan berlebih pada titik lemah di dinding usus. Efeknya bisa membuat Anda mual dan demam.

Berita Terbaru

Bupati Sleman Resmikan Gen Z Institut Sleman: Harapan Besar Generasi Z Membangun Sleman Sembada

Sleman, 16 Juli 2024 – Kabupaten Sleman menyaksikan sebuah tonggak penting dalam pemberdayaan generasi muda dan perempuan dengan peluncuran...
- Advertisement -

Baca berita yang ini