PlayStation Masih Dominan, Bagaimana dengan Xbox dan Nintendo?

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Persaingan di dunia industri game memang tak pernah ada habisnya. Selalu ada pembaruan di segi kecanggihan dan penawaran fitur-fitur terbaru dari masing-masing brand untuk mengalahkan brand lainnya. Seperti Nintendo, PlayStation, dan Xbox yang menjadi tiga konsol game paling populer. Ketiganya, memiliki konsol game terbaru yang paling banyak peminatnya. Yakni Nintendo (Nintendo Switch), Sony (PlayStation 5), dan Microsoft (Xbox Series X/S).

Terkadang gamers kerap kali bingung untuk memilih ketiga konsol game tersebut, lantaran ketiganya memiliki keunggulan tersendiri. Lalu, manakah yang lebih dominan dan laris di pasaran?

Technologue.id melaporkan konsol game yang paling dominan adalah PlayStation 5 milik Sony. Hal ini karena penjualannya yang lebih banyak dari Nintendo Switch dan Xbox Series X/S.

Mengenai penjualannya, per 31 Maret 2021, Sony berhasil menjual lebih dari 7 juta PlayStation 5. Inilah yang menjadi bukti kesuksesan PlayStation di masa pandemi sekali pun.

Sejak awal perilisannya, PlayStation 5 mampu mengalahkan konsol game lainnya dan membawa keuntungan tersendiri bagi Sony. Bahkan sejak perilisan perdananya pada November 2020, PlayStation 5 sudah terjual sekitar 7.763.924 unit dan menjadi konsol game dengan penjualan paling banyak.

Di bawah PlayStation 5, ada Nintendo Switch yang berhasil menjual sebanyak 5.008.963 unit. Sementara di posisi terakhir, Xbox Serius X/S berhasil menjual sebanyak 4.668.963 unit.

Selama 23 minggu pasca perilisannya, bahkan PlayStation 5 bahwa masih menjadi konsol game dengan penjualan tertinggi. Dengan pangsa pasar sebanyak 44,5%, Nintendo Switch 28,7%, dan Xbox Series X/S 26,8%.

Mengenai kabar terkini dari ketiga konsol game tersebut, Sony telah mematenkan lempengan tutup PlayStation 5 pada 16 November 2021 lalu.

Paten tersebut menimbulkan banyak asumsi jika Sony akan menjual lempengan tutup PlayStation 5. Bahkan, ada kabar yang mengatakan jika Sony akan mencocokkan lempengan tersebut dengan konsol game Cosmic Red DualSense dan Midnight Black.

Asumsi lainnya juga mengatakan bahwa Sony merilis PlayStation 5 dengan desain dan warna yang berbeda. Namun hingga saat ini Sony belum memberikan pernyataan resmi akan hal ini.

Bagaimana dengan Nintendo? Kabar terkahir, perusahaan games ini  resmi menutup layanan game online Dr Mario World. Melalui akun Twitter resmi Dr. Mario World, Nintendo mengumumkan bahwa game Dr. Mario World resmi berhenti per 31 Oktober 2021. Nintendo juga mengucapkan terima kasih kepada para pemain setia Dr. Mario World.

Sedangkan Xbox, rencananya di tahun 2022 akan meluncurkan game-game terbaru yakni Starfield dan The Elder Scrolls VI. Untuk game Starfield, rencananya akan rilis pada November 2022, sementara game The Elder Scrolls VI akan rilis pada awal tahun 2023.

Mulanya, Starfield adalah game besutan Bethesda Softworks, namun kini Starfield berada di bawah perusahaan Xbox Game Studio. Starfield mengusung genre RPG sci-fi yang didesain khusus untuk Xbox Series X-S. Game ini menjadi game yang petualangan bertema luar angkasa.

Sementara mengenai game The Elder Scrolls VI, akan menjadi game eksklusif di Xbox dan saat ini game tersebut sudah tak lagi dapat dimainkan di seluruh platform.

Reporter: Intan Nadhira Safitri

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini