Pernah Dengar Alergi Dingin? Yuk, Kenali Gejalanya

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA – Merasa asing dengan istilah alergi dingin? Ya, alergi jenis ini tergolong jarang dirasakan banyak orang. Alergi dingin dalam dunia medis dikenal dengan nama urtikaria dingin. Penyebabnya banyak, seperti faktor cuaca, ruangan ber-AC, atau efek seusai mandi pagi.

Gejalanya pun beragam. Anda tidak bisa meremehkan alergi ini, bahkan harus mewaspadainya karena berdampak pada masalah serius seperti penurunan tekanan darah, sesak nafas, stres, bahkan pingsan. Untuk itu, Anda patut mengenali gejala-gejalanya seperti berikut ini:

1. Kulit Merah dan Gatal

Kulit yang cenderung memerah dan terasa gatal saat berada di ruangan dingin adalah gejala alergi. Gejala ini tidak begitu saja hilang ketika penderitanya berpindah ke tempat hangat. Bahkan, kulit merah disertai gatal itu bisa berlangsung 24 jam.

2. Tangan Bengkak

Ketika tangan Anda membengkak saat memegang minuman dingin, mandi pagi maupun terpapar udara dingin, itu adalah gejala alergi. Tangan hanya salah satu dari bagian tubuh yang membengkak. Biasanya bengkakan terjadi sampai ke lidah dan tenggorokan yang membuat penderitanya jadi sulit bernafas.

3. Muncul Benjolan Merah

Benjolan kecil merah dalam jumlah banyak layaknya alergi pada umumnya akan muncul sebagai tanda gejala alergi dingin. Paparan udara dingin membuat darah putih melepas histamine ke aliran darah yang memunculkan banyak benjolan kecil.

Selain sebab-sebab seperti cuaca, udara ruangan dan mandi pagi, ada juga sebab lainnya yaitu faktor keturunan, menurut National Institute of Allergy and Infectious Disease. (Ryan)

Berita Terbaru

Resmi Jadi Kader NasDem, Sutrisna Wibawa bakal Bersaing Ketat dengan Bupati Gunungkidul

Mata Indonesia, Yogyakarta - Mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa, telah resmi bergabung sebagai kader Partai Nasional Demokrat (NasDem). Hal ini jelas memperkuat dinamika politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini