Perhatian! Ini Lho Mitos-mitos soal Vaksin Covid-19

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Ada berbagai macam mitos soal vaksinasi Covid-19. Hal ini yang membuat banyak masyarakat enggan divaksin.

Jika kamu tengah mencari informasi tentang vaksin Covid-19, jangan langsung menelan mentah-mentah informasi yang kamu terima dari media sosial. Cobalah untuk selalu memverifikasi ke sumber lain yang lebih kredibel atau tepercaya.

Bukan rahasia lagi, bahwa saat ini banyak sekali mitos-mitos yang beredar mengenai Covid-19. Termasuk menyoal program vaksinasi yang tengah dijalankan pemerintah.

Nah, agar tak terjebak hoaks atau mitos mengenai vaksin Covid-19, berikut beberapa mitos yang tak perlu kamu percaya:

  1. Tidak aman karena dikembangkan dalam waktu yang cepat

Faktanya, vaksin terbukti aman dan efektif digunakan. Meskipun dikembangkan dalam waktu singkat, vaksin telah memenuhi semua standar keamanan yang ditetapkan. Tidak satu pun langkah yang dilewati.

  1. Vaksin mengubah DNA seseorang

Faktanya, vaksin pertama yang diberikan otorisasi penggunaan darurat mengandung messenger RNA (mRNA), yaitu zat yang menginstruksikan sel untuk membuat “protein lonjakan” yang ditemukan pada virus corona baru. Ketika sistem kekebalan mengenali protein ini, ia membangun respons kekebalan dengan menciptakan antibodi untuk mengajari tubuh cara melindungi diri dari infeksi di masa mendatang. MRNA tidak pernah memasuki inti sel, yang merupakan tempat DNA (materi genetik) disimpan. Tubuh menyingkirkan mRNA sesaat setelah selesai menjalankan instruksi.

  1. Efek samping parah akan terjadi setelahnya

Faktanya, beberapa peserta uji klinis vaksin memang melaporkan efek samping termasuk nyeri otot, kedinginan, dan sakit kepala. Namun, efek samping parah seperti reaksi alergi terhadap bahan yang digunakan dalam vaksin jarang sekali terjadi. Oleh karena itu, seseorang dengan riwayat alergi parah tidak boleh mendapatkan vaksinasi.

  1. Memicu kemandulan pada wanita

Faktanya, para ahli mengatakan vaksinasi tidak memengaruhi kesuburan seseorang. Mitos yang beredar berawal dari informasi di media sosial menunjukkan bahwa vaksin melatih tubuh untuk menyerang syncytin-1, yaitu protein dalam plasenta yang dapat menyebabkan kemandulan wanita.

  1. Tidak perlu vaksin setelah didiagnosis Covid-19

Faktanya, meskipun sudah pernah terinfeksi Covid-19, vaksin memberikan manfaat lain. Hal tersebut tergantung pada kekebalan tubuh masing-masing orang.

  1. Tidak perlu menerapkan prokes setelah menerima vaksin

Faktanya, masker, cuci tangan, dan menjaga jarak harus tetap dilakukan di mana pun berada sampai terbentuk herd immunity. Herd immunity baru akan terbentuk jika jumlah vaksin sudah mencapai sekitar 70 persen dari total keseluruhan penduduk Indonesia. Hal tersebut sama dengan vaksinasi 181,5 juta atau 363 juta dosis.

  1. Terinfeksi Covid-19 setelah melakukan vaksinasi

Faktanya, kamu tidak terinfeksi virus COVID-19 dari vaksin, karena di dalam vaksin tidak mengandung virus hidup.

  1. Setelah vaksinasi, hasil tes menunjukkan positif Covid-19

Faktanya, diagnosis Covid-19 dilakukan dengan memeriksa sampel dari sistem pernapasan. Di dalam vaksin tidak ada virus hidup, sehingga vaksin tidak akan mempengaruhi hasil tes yang kamu lakukan.

  1. Jika tidak berisiko, tidak memerlukan vaksin

Faktanya, terlepas dari risiko yang ada, kamu masih dapat tertular infeksi dan menyebarkannya ke orang lain. Jadi penting bagi kita semua untuk melakukan vaksinasi. Vaksinasi bukan hanya dilakukan untuk melindungi diri sendiri, tetapi juga keluarga dan komunitas sosial.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Resmi Jadi Kader NasDem, Sutrisna Wibawa bakal Bersaing Ketat dengan Bupati Gunungkidul

Mata Indonesia, Yogyakarta - Mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa, telah resmi bergabung sebagai kader Partai Nasional Demokrat (NasDem). Hal ini jelas memperkuat dinamika politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini