Minum Air Es saat Datang Bulan Bisa Sebabkan Kista, Hoaks atau Fakta?

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Minum es saat haid seringkali dihindari karena dianggap berbahaya. Kabarnya, minum air dingin dapat menyebabkan darah haid membeku sehingga menstruasi menjadi tidak lancar.

Opini yang beredar di masyarakat adalah minum air es dapat menyebabkan pembekuan darah. Oleh karena itu, wanita yang sedang menstruasi tidak boleh minum air es untuk mencegah menstruasi. Namun, teori ini tidak benar. Es sebenarnya bisa merangsang penyempitan pembuluh darah, sehingga mengurangi pendarahan.

Namun, ini hanya berlaku untuk penggunaan luar seperti saat kamu menggunakan kompres dingin. Es dapat digunakan sebagai tindakan pertolongan pertama untuk menghentikan pendarahan dan mengurangi pembengkakan. Hal ini tidak berlaku untuk pendarahan menstruasi, karena darah haid bukanlah darah yang muncul karena luka pada tubuh, melainkan karena lapisan rahim yang luruh.

Setiap bulan, wanita memproduksi sel telur dan lapisan rahim mempersiapkan kehadiran janin potensial dengan cara berlapis. Namun, jika sel telur tidak dibuahi, sel telur akan pecah bersama lapisan dinding dan dikeluarkan melalui lubang vagina. Juga, darah menstruasi tidak terpengaruh oleh suhu air yang kamu minum.

Ketika air masuk ke dalam tubuh, suhunya akan berubah seiring dengan suhu tubuh. Adapun lancar tidaknya darah haid dipengaruhi oleh hormon wanita, khususnya hormon estrogen dan progesteron. Jika hormon-hormon tersebut terganggu, misalnya karena stres dan menggunakan alat kontrasepsi, maka menstruasi seringkali menjadi tidak teratur.

Apakah minum air es saat haid dapat menyebabkan kista?

Opini lain yang sering kita temukan adalah minum air es saat menstruasi bisa menyebabkan kista ovarium. Namun, apakah ini benar? Dengan melansir Mayo Clinic, kista adalah kondisi umum di kalangan wanita. Biasanya, seorang wanita akan memiliki setidaknya 1 kista dalam hidupnya.

Kista jinak terjadi karena folikel di ovarium tidak pecah, mengakibatkan retensi sel telur dan pembentukan kista. Namun, kamu tidak perlu khawatir karena jenis kista ini dapat hilang dengan sendirinya dalam beberapa bulan. Kondisi kista yang lebih serius dapat menyebabkan PCOS, kondisi ini disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon dan tidak ada hubungannya dengan air es yang kamu minum selama menstruasi.

Reporter: Syifa Ayuni Qotrunnada

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini