Mau Mudik Pakai Vespa Tua? Perhatikan Tujuh Hal Ini Dijamin Aman Sampai Kampung Halaman

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Mau mudik tapi cuma punya vespa tua nan klasik? Jangan ragu, dijamin perjalanan mudik pasti aman kalau Kamu memperhatikan tujuh hal ini seperti rekomendasikan Cings Channel berikut;

  1. Periksa kaki-kaki
    Hal yang perlu dipastikan adalah kondisi peredam kejut atau shockbreaker vespa kesayangan Kamu.

Kondisi suku cadang itu sangat vital karena vespa tua umumnya hanya memiliki satu shock di depan dan satu lainnya di belakang.

Jika kondisinya rusak dan bantingannya keras akan mempengaruhi perjalanan mudik karena laju vespa tidak stabil.

Cara memeriksanya cukup diguncangkan kaki depan maupun belakang dengan menekannya ke arah bawah. Jika tidak memantul berarti sudah keras dan rusak, sebaiknya diganti sebelum melakukan perjalanan.

Selain itu periksa juga as ayun dan teromol roda. Jika sudah sudah aus atau oblak sebaiknya diganti atau direparasi.

  1. Periksa ban depan dan belakang
    Periksa apakah sudah aus atau masih bagus. Kalau sudah aus kembangannya gantilah dengan yang baru.

Ban masih bisa digunakan minimal kondisi kembangannya 70 persen. Periksa juga ban belakang dan ban serepnya. Semua harus dalam keadaan baik juga.

  1. Periksa Kondisi Kopling dan rem
    Kondisi kampas kopling, tali kopling dan kampas rem harus masih bagus. Khusus tali kopling sebaiknya diganti baru dan bawa cadangannya. Khusus rem jangan distel terlalu kecang. Rem depan sebaiknya diaktifkan juga.
  2. Periksa tangki bensin vespa
    Tangki bensin harus bersih, jangan ada kotoran termasuk karat karena bisa menyumbat jalannya bahan bakar. Jadi periksalah selang bensin sebelum mudik apakah ada kotoran atau tidak.

Setelah itu, kuraslah tangki bensin supaya bersih sehingga mencegah timbulnya kotoran. Mencegah terbentuknya kotoran bisa juga dengan menggunakan bahan bakar beroktan tinggi.

  1. Periksa pengapian mesin
    Platina atau CDI vespa tua Kamu harus dalam kondisi prima. Begitu juga magnet distributor maupun pulser.

Khusus vespa yang masih menggunakan platina, ganti dengan yang baru sebelum berangkat mudik. Bawa juga cadangan platina yang baik.

Jika vespa Kamu sudah menggunakan CDI, bawalah CDI cadangan agar saat mati bisa langsung diganti. Begitu juga dengan spul distributor harus diperhatikan kelayakannya.

  1. Periksa Kelayakan mesin
    Periksa kondisi karburator. Jika bermasalah segera direparasi.

Selanjutnya pastikan tidak ada oli yang menetes dari mesin. Kalau ditemukan oli mesin sudah merembes keluar lebih jangan dilanjutkan mudik pakai vespa tua karena akan merusak mesin.

Selain oli, periksa juga apakah ada bensin yang merembes. Hal itu akan mempengaruhi performa mesin.

Ganti lah kampas kopling dan laher mesin dengan yang baru demi menjamin kenyamanan dalam perjalanan.

  1. Rak Barang
    Tambahkan rak barang di bagian belakang dan depan. Jangan meletakkan barang berat di dek tengah vespa karena bisa menyebabkan sasisnya melintir. Rak belakang hanya berkapasitas 5 kilogram dan depan cukup 2 kilogram saja.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini