Mau Coba Bisnis dengan Pasangan? Simak 5 Tips Ini!

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Menjalin hubungan bukan hanya untuk mengisi kekosongan hati dan jiwa semata.

Ada pula kegiatan positif yang dapat dilakukan bersama pasangan, salah satunya adalah mencoba membangun usaha bersama.

Namun, membangun bisnis bersama pasangan tentu akan banyak tantangannya. Berikut adalah 5 tips sebelum memulai bisnis bersama pasangan.

Menjalin Komunikasi Dua Arah

Komunikasi sangatlah penting dan menjadi kunci dalam segala macam kegiatan dan hubungan. Salah satunya saat ingin mencoba membangun bisnis bersama pasangan. Pastikan kamu dan pasangan mendiskusikan tentang visi dan misi untuk bisnis kalian.

Selain itu, tentukan pula porsi dalam menjalankan bisnis bersama supaya tidak ada konflik ketika salah satu merasa yang lain terlalu dominan.

Membuat Surat Perjanjian dan Pembagian Tugas yang Seimbang

Membangun bisnis bukanlah perkara yang sepele meskipun dilakukan bersama pasangan. Buatlah surat perjanjian.

Pastikan sistem gaji, pembagian keuntungan, tugas, serta hak dan kewajiban masing-masing ada di dalam surat perjanjian tersebut.

Hal ini penting dilakukan dengan tujuan tidak ada salah satu pihak yang merasa terbebani dan dengan begitu, tidak akan terjadi saling menyalahkan atau lempar tanggung jawab ketika kondisi bisnis sedang tidak baik.

Membangun Profesionalitas

Sikap profesionalitas menjadi salah satu faktor penting dalam membangun bisnis bersama pasangan. Hal itu agar jika hubungan asmara sedang tidak baik-baik saja, bisnis tetap berjalan lancar dan menyampingkan permasalahan di dalam hubungan.

Ingat, dalam bisnis kamu dan pacar adalah tim, bukan sepasang kekasih yang sedang dimabuk asmara.

Pisahkan Uang Bisnis dan Uang Pribadi

Jangan tergiur menggunakan uang modal usaha untuk keperluan pribadi. Uang usaha seharusnya digunakan untuk perputaran roda bisnis.

Pisahkan uang bisnis dan uang pribadi ke dalam rekening yang terpisah. Jika sampai dipakai untuk keperluan pribadi, lalu tidak dapat mengembalikannya, maka bisa dipastikan perkembangan usaha akan terhambat, bahkan bisa berujung pada kebangkrutan.

Membuat Laporan Keuangan

Buatlah laporan keuangan dengan jelas dan terperinci. Serta pastikan pasanganmu juga mengetahui dan paham mengenai laporan keuangan tersebut.

Dengan begitu, kamu dan pasangan dapat memikirkan strategi meningkatkan bisnis berdua di masa depan. Pastikan untuk mencantumkan pemasukan dan pengeluaran ke dalam laporan keuangan bisnis.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini