Marvel Digugat, Diduga Curi Desain Kostum Iron Man

Baca Juga

MATA INDONESIA, LOS ANGELES – Disney dan Marvel Entertainment digugat sebuah perusahaan buku komik, Horizon Comics karena diduga mencuri desain kostum Iron Man.

Perusahaan yang didirikan oleh Ben dan Raymond Lai menuduh Marvel berulang kali mencuri desain mereka pada beberapa kesempatan di film ‘Iron Man’, ‘Ant-Man’, dan ‘Avengers’.

Horizon menuding desain kostum Iron Man digunakan tanpa persetujuan atau kompensasi yang diberikan kepada Lai bersaudara. Mereka menggugat pelanggaran yang disengaja dan terus-menerus sekaligus memerintahkan Disney dan Marvel Entertainment membayar ganti rugi.

Dalam gugatannya, Lai bersaudara menyebut, kostum tersebut sangat mirip dengan yang dipakai karakter komik mereka bernama Caliban, yang muncul di seri komik Radix 1.

Horizon Comics sebenarnya sudah mengajukan gugatan kepada Marvel di 2013 yang sebagian ditolak, tapi diizinkan melanjutkan proses hukum terkait desain poster film. Hanya saja, Marvel berhasil memenangkan gugatan itu pada 2019.

Pengadilan memenangkan pihak Marvel karena tak ada bukti desain poster yang dibuat meniru gambar Caliban.

Dalam gugata terbarunya, Horizon Comics menyebut Marvel terkait desain kostum Iron Man terutama di film ‘Avengers: Infinity War’ serta desain karakter Ant-Man and Wasp.

“Kami memulai Radix pada tahun 1995 dengan tujuan menciptakan sesuatu yang unik. Dengan Radix kami dikenal dan diakui di industri buku komik Amerika. Kami membuat nama untuk diri kami sendiri. Itu memungkinkan kami untuk bekerja di mana-mana, termasuk Marvel,” bunyi pernyataan Lai bersaudara, dikutip dari Comic Book, Rabu 5 Mei 2021.

“Untuk desain di Iron Man 3 sangat mirip dengan pakaian yang dipakai oleh seorang Caliban, salah satu karakter yang digambarkan dalam Horizon Works Radix 1,” lanjut pernyataannya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Resmi Jadi Kader NasDem, Sutrisna Wibawa bakal Bersaing Ketat dengan Bupati Gunungkidul

Mata Indonesia, Yogyakarta - Mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa, telah resmi bergabung sebagai kader Partai Nasional Demokrat (NasDem). Hal ini jelas memperkuat dinamika politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini