Makanan dan Minuman yang Wajib Anda Konsumsi Saat Sakit

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Ketika sakit, nafsu makan menurun secara drastis. Dan sebagaimana yang dianjurkan dokter, semakin baik dan banyak kita mengonsumsi makanan maka, semakin cepat kita pulih.

Memiliki pola makan bergizi dan memberi tubuh Anda jenis nutrisi yang tepat dapat membantu mempercepat pemulihan. Selain itu, menjaga pola makan sehat diikuti dengan rutin olahraga, tidur yang cukup, meminimalisir stress, dan menjalankan gaya hidup sehat dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Terlebih di tengah pandemi virus corona, tubuh kita dituntut untuk selalu fit agar terhindar dari virus yang telah menyebabkan jutaan orang meninggal dunia. Melansir Times of India, berikut tiga jenis makanan dan minuman yang harus dikonsumsi seseorang saat masa pemulihan dari infeksi virus corona atau penyakit umum lainnya.

Makanan yang kaya vitamin C, magnesium, dan kalsium

Bahkan ketika Anda terkena flu musiman, langkah pertama Anda harus berfokus pada diet yang akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Vitamin C, magnesium, dan kalsium adalah nutrisi utama yang membantu meningkatkan kekebalan.

Vitamin C telah digunakan selama beberapa dekade untuk pengobatan. Sementara nutrisi tidak mencegah orang sakit tetapi banyak membantu dalam meringankan gejala.

Jumlah vitamin C harian yang direkomendasikan untuk perempuan adalah sebanyak 75 miligram dan untuk pria sebanyak 90 miligram. Makanan yang kaya vitamin C antara lain jeruk, paprika merah, brokoli, stroberi, nanas, serta kiwi.

Untuk jumlah magnesium harian yang direkomendasikan adalah sebanyak 310 mg untuk perempuan dan 420 mg untuk pria. Beberapa makanan kaya magnesium termasuk alpukat, selai kacang halus, kacang hitam matang, bayam rebus, dan almond panggang kering.

Suplemen

Saat sakit, Anda mungkin kehilangan nafsu makan, yang membuat Anda sulit mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan. Dalam kasus seperti ini, suplemen dapat menjadi sumber vitamin dan mineral.

Meskipun Anda bisa mendapatkan semua nutrisi dari makanan yang sehat dan seimbang, Anda juga bisa menambahkan suplemen jika diperlukan. Anda dapat mencoba ginseng dan bawang putih untuk mengurangi durasinya dan mengurangi keparahan gejala penyakit Anda.

Air mineral, kaldu, dan teh bebas kafein

Selain makan dengan benar, minum cukup air mineral dan menjaga tubuh tetap terhidrasi juga penting. Pilek dapat membuat Anda dehidrasi, oleh karena itu penting untuk tetap minum air, teh, dan kaldu untuk mencegah dehidrasi.

Hidrasi penting untuk melawan infeksi atau virus. Tetapi Anda tidak boleh memiliki minuman manis seperti soda, karena dapat menekan sistem kekebalan Anda dan menunda pemulihan. Minuman lain yang harus dihindari termasuk kopi, alkohol, dan jus buah.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Resmi Jadi Kader NasDem, Sutrisna Wibawa bakal Bersaing Ketat dengan Bupati Gunungkidul

Mata Indonesia, Yogyakarta - Mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa, telah resmi bergabung sebagai kader Partai Nasional Demokrat (NasDem). Hal ini jelas memperkuat dinamika politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini