Main HP saat BAB Bisa Picu Ambeien, Mitos atau Fakta?

Baca Juga

MATA INDONESIA JAKARTA – Siapa yang sering membawa ponsel ke kamar mandi saat hendak buang air besar? Jika kamu salah satunya, mungkin kamu belum pernah dengar soal dampak kesehatannya.

Membawa ponsel saat hendak BAB masih kerap dilakukan masyarakat. Hal itu dianggap membuat nyaman, lantaran ada kegiatan saat kamu hanya duduk atau jongkok terdiam.

Namun, meski dianggap nyaman, banyak yang beranggapan membawa ponsel saat BAB bisa berdampak buruk bagi kesehatan, salah satunya memicu ambeien.

Hmm, mitos atau fakta ya?

Dilansir Hello Sehat, membawa ponsel saat hendak buang air besar memang bisa memicu wasir. Namun, dikutip Healthline, ahli bedah kolorektal (usus), Dr. Karen Zaghiyan berpendapat bahwa bukan ponselnya yang memicu wasir, melainkan duduk yang terlalu lama.

Sebab, membawa ponsel saat BAB bisa membuat kita terlalu nyaman hingga lupa waktu. Hal itu membuat kita akan duduk atau jongkok di WC terlalu lama.

Jika sering dilakukan, kebiasaan ini akan meningkatkan tekanan pada pembuluh darah sekitar anus. Aliran darah tidak akan mengalir dengan lancar. Akibatnya, darah akan menumpuk menyebabkan pembengkakan, rasa sakit, gatal, dan pendarahan ketika feses dikeluarkan.

Tak hanya sebabkan ambien, membawa ponsel ke toilet juga berisiko menempelkan bakteri pada gadget tersebut. Hal itu membuat ponsel menjadi sarang kuman yang tak baik untuk kesehatan tubuh.

Maka, jika kamu sering melakukan hal tersebut, ada baiknya dihindari ya! Meski terlihat sepele, masalah kesehatan yang mengintai bisa serius jika tak ditangani dengan baik.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pembukaan WWF ke-10: Indonesia Dorong Kolaborasi Hadapi Masalah Air Global

BALI – Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi membuka 10th World Water Forum di Bali International Convention Centre (BICC),...
- Advertisement -

Baca berita yang ini