Lagi Positif Covid-19, Hindari Makanan Ini

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Ada banyak postingan di media sosial terkait makanan dan minuman yang bisa dikonsumsi saat positif Covid-19. Tapi, tak semuanya itu benar.

COVID-19 bisa menyebabkan pengidapnya mengalami beragam gejala. Beberapa di antaranya bisa terasa sangat menyakitkan dan membuat perasaan tidak nyaman. Karena itu, beragam cara mengatasi gejala sering kali dilakukan, termasuk mengonsumsi makanan tertentu.

Ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari atau tidak dulu dikonsumsi saat terinfeksi virus corona. Sebab, jenis makanan tertentu bisa memperparah gejala dan membuat proses penyembuhan menjadi lebih lama.

Lantas, apa saja makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi untuk sementara waktu?

1. Makanan Kemasan
Saat sakit, kamu mungkin merasa tidak memiliki cukup banyak energi untuk memasak. Alhasil, terlintas keinginan untuk mengonsumsi makanan kemasan. Hati-hati, hal ini sebaiknya dihindari. Sebab, makanan dalam kemasan umumnya banyak mengandung pengawet, natrium, zat adiktif, serta tambahan gula. Bahan-bahan tersebut bisa menyebabkan peradangan yang berdampak pada melemahnya kekebalan tubuh. Hal itu kemudian bisa menyebabkan virus penyebab penyakit menjadi lebih mudah menyerang.

2. Daging Merah
Jenis makanan yang satu ini memiliki kandungan lemak jenuh yang tinggi. Lagi-lagi, hal ini bisa meningkatkan risiko peradangan. Pengidap COVID-19 disarankan untuk menghindari dulu jenis makanan ini. Namun secara umum, konsumsi daging merah memang sebaiknya tidak dilakukan secara berlebihan karena dapat menyebabkan penumpukan lemak jenuh di dalam tubuh.

3. Goreng-gorengan
Selain daging merah, makanan yang digoreng juga banyak mengandung lemak. Jika dikonsumsi secara berlebihan bisa mengganggu sistem kekebalan tubuh. Hal ini bisa memperlambat proses pemulihan dari COVID-19.

Tidak hanya itu, kebiasaan mengonsumsi goreng-gorengan juga bisa memicu peningkatan kadar kolesterol jahat alias LDL. Hal ini bisa meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular.

4. Minuman Manis
Orang yang terinfeksi virus corona tidak hanya harus menghindari asupan garam dan lemak, tapi juga gula. Salah satu jenis asupan yang sebaiknya dihindari adalah minuman manis. Dalam satu kemasan minuman manis, terdapat kandungan gula tambahan yang bisa menyebabkan peradangan pada tubuh. Selain itu, hindari juga minuman bersoda yang bisa memberi dampak serupa.

5. Makanan Pedas
Hindari juga konsumsi makanan yang terlalu pedas. Sebab, bumbu-bumbu yang digunakan bisa mengiritasi tenggorokan. Hal ini kemudian bisa memperparah batuk yang merupakan salah satu gejala infeksi virus corona.

6. Minuman Beralkohol
Tanpa terinfeksi COVID-19 pun, asupan minuman beralkohol sebaiknya dihindari atau dibatasi. Namun, pada pengidap infeksi corona, mengonsumsi minuman ini disebut bisa memicu peradangan. Tidak hanya itu, minuman beralkohol juga bisa membuat obat-obatan yang dikonsumsi menjadi tidak efektif. Kalau sudah begitu, proses penyembuhan tentu akan berjalan lebih lama.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini